Jejak Dokter Gadungan, 11 Tahun Tipu Sepak Bola Indonesia

CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 07:05 WIB
Sepak bola Indonesia ditipu dokter gadungan selama 11 tahun. Sejumlah klub, operator liga hingga federasi PSSI pun tertipu. Ilustrasi Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sepak bola Indonesia ditipu dokter gadungan selama 11 tahun. Sejak 2010 sosok bernama Elwizan Aminudin atau biasa disapa dokter Amin itu membohongi klub, operator liga, hingga federasi PSSI.

Aminudin yang mengaku sebagai lulusan Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Syiahkuala, Banda Aceh pada 2006 diketahui mulai terjun di sepak bola pada 2010 bersama Persita Tangerang.

Pria kelahiran Bireun, Aceh 25 April 1981, ini mengabdikan diri di klub berjulukan Pendekar Cisadane itu hingga 2014.


Pada 2014 Aminudin juga sempat dipanggil PSSI untuk mengawal Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di turnamen Pre-Repatori AFF 2014 di Vietnam. Status Aminudin di Timnas hanya diperbantukan.

Tahun berikutnya Aminudin dikontrak PS TNI (Sekarang Tira Persikabo) saat tampil di Piala Jenderal Sudirman 2015. Usai itu Aminudin dipinang Bali United yang sedang diasuh Indra Sjafri.

Musim berikutnya pria yang juga memperkenalkan diri sebagai El Amin ini bekerja untuk Madura United. Tak lama ia mendapat tawaran menangani tim asal Sumatera Selatan, Sriwijaya FC.

Pada 2018 Aminudin kembali mendapat kesempatan menangani Timnas Indonesia U-19. Seperti sebelumnya status Aminudin tidak tetap, melainkan hanya diperbantukan mengisi kekosongan.

Setelah itu berturut-turut klub asal Kalimantan, Barito Putera dan Kalteng Putra menggunakan jasanya. Terakhir ia bergabung dengan PSS Sleman mulai 2021 untuk menatap Liga 1 2021/2022.

Baca lanjutan artikel ini di halaman kedua >>>

Kedok Terbongkar

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER