Usai Hajar Kamboja, Malaysia Krisis Pemain di Piala AFF

CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 13:51 WIB
Malaysia krisis pemain setelah mengalahkan Kamboja 3-1 pada laga pertama di Grup B Piala AFF 2021 di Stadion Bishan, Senin (6/12). Ilustrasi timnas Malaysia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Malaysia krisis pemain setelah mengalahkan Kamboja 3-1 pada laga pertama di Grup B Piala AFF 2021 di Stadion Bishan, Senin (6/12).

Sebanyak dua pemain Harimau Malaya itu positif Covid-19. Kedua pemain Malaysia yang terinfeksi Covid-19 di Singapura adalah: winger Faisal Halim dan kiper Khairulazhan Khalid.

Faisal dan Khairul dinyatakan terinfeksi berdasarkan hasil tes PCR di Bandara Changi, Jumat (3/12). Tanpa Faisal dan Khairulazhan, timnas Malaysia kini hanya beranggotakan 22 pemain setelah membawa 24 pemain ke Piala AFF 2021.


Dikutip dari Bernama, Malaysia sudah mengajukan penggantian pemain untuk posisi penjaga gawang guna menggantikan Khairulazhan.

Berdasarkan peraturan Piala AFF sesuai dengan peraturan FIFA dan AFC, setelah registrasi pemain ditutup, tim tidak bisa menambah pemain selain untuk posisi kiper.

Setelah mengirimkan surat permohonan penambahan kiper, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) tengah menunggu kabar baik dari AFF.

Malaysia's goalkeeper Khairul Fahmi (C) saves the ball from Indonesia's wing back Arif Suyono during their second leg final of the AFF Suzuki Cup 2010 in Jakarta on December 29, 2010. AFP PHOTO / ADEK BERRY (Photo by ADEK BERRY / AFP)Kiper Khairul Fahmi jadi andalan Malaysia di Piala AFF 2021. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)

"Jika pengajuan FAM berhasil, mungkin kami akan menambah penjaga gawang lagi. Saya khawatir terdapat cedera atau akumulasi kartu ke salah satu pemain," ujar Manajer Malaysia Datuk Mohd. Yusoff Mahadi dikutip dari Utusan.

"Apa pun itu, semua tergantung pada kebijaksanaan AFF karena sebelumnya mereka telah memberikan tenggat waktu kepada semua tim untuk mendaftarkan pemainnya," ucap Yusoff menambahkan.

Menurut Yusoff, Khairulazhan akan absen dalam dua pertandingan Malaysia di Grup B, yaitu saat melawan Kamboja dan Laos.

[Gambas:Video CNN]

"Tes Coovid-19 akan dilakukan pada pagi hari, setiap hari selama mereka dikarantina," tutur Yusoff.

"Jika hasilnya negatif mereka akan terus bersama tim dalam periode 10 hari itu," kata Yusoff melanjutkan.

Dengan Khairulazhan yang tengah dikarantina, Malaysia kini hanya memiliki dua penjaga gawang: Khairul Fahmi Che Mat dan Kalamullah Al-Hafiz Mat Rowi.



(sry/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER