5 Poin yang Harus Diperbaiki Timnas Indonesia Jelang Final Piala AFF

CNN Indonesia
Selasa, 28 Des 2021 08:35 WIB
Berikut lima poin yang harus diperbaiki Timnas Indonesia jelang laga final Piala AFF 2020 menghadapi Thailand. Timnas Indonesia tampil untuk kali keenam di final Piala AFF. (AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 dan akan berhadapan dengan Thailand yang berstatus sebagai raja sepak bola Asia Tenggara. Berikut lima poin yang harus diperbaiki anak asuh Shin Tae Yong jelang laga final.

Pemain-pemain muda pilihan Shin melangkah ke final. Mengalahkan Kamboja dan Laos pada dua laga awal, Timnas Indonesia kemudian menahan imbang Vietnam tanpa gol.

Tim Merah Putih lantas menggebuk Malaysia dalam partai terakhir fase grup yang juga merupakan laga penentu dalam rebutan tiket ke semifinal.


Duel alot di semifinal melawan Singapura juga sudah dilewati dan Thailand akan menjadi lawan dalam final keenam Timnas Indonesia.

Melaju ke final bukan berarti Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan tampil sempurna. Masih ada performa yang harus dikoreksi, dan usai laga semifinal Shin pun menyatakan Timnas Indonesia masih perlu belajar.

Berikut lima poin yang harus diperbaiki Timnas Indonesia jelang Final Piala AFF 2020:

1. Organisasi Pertahanan

Timnas Indonesia mencatatkan penampilan bertahan yang baik ketika menghadapi Vietnam. Saat itu, Shin tampak menekankan fokus bertahan pada anak-anak asuhnya.

Tetapi ketika Shin menerapkan permainan terbuka, organisasi pertahanan Indonesia masih belum bisa bermain dengan apik. Terbukti pada dua laga semifinal melawan Singapura.

Menghadapi Thailand yang tampil taktis dan kerap mematikan dengan dua atau tiga sentuhan di area permainan lawan, Timnas Indonesia harus tampil seprima mungkin ketika bertahan.

Baca lanjutan artikel ini di halaman berikutnya>>>

Hati-hati Bola Mati, Tuntaskan Tiap Peluang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER