Kim Pan Gon, Pelatih Malaysia yang Pernah Main Bareng Rochi Putiray

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 18:19 WIB
Kim Pan Gon, yang kini dipercaya menjadi pelatih timnas Malaysia, pernah menjadi rekan satu tim Rochi Putiray saat berkelana ke liga Hong Kong. Kim Pan Gon pernah membela klub Instant Dict bersama Rochi Putiray. (AFP/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kim Pan Gon, yang kini dipercaya menjadi pelatih timnas Malaysia, pernah menjadi rekan satu tim Rochi Putiray saat berkelana ke liga Hong Kong.

Pan Gon baru saja ditunjuk menjadi pelatih Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe yang mundur pada awal tahun ini. Sebelumnya, pelatih 52 tahun itu sudah menjadi buah bibir menjadi kandidat juru latih Harimau Malaya.

Meski berasal dari Korea Selatan, Pan Gon punya hubungan yang cukup lekat dengan Hong Kong. Sebelum mengisi posisi komite supervisi timnas Korea Selatan, Pan Gon lebih sering berada di Hong Kong.


Di negara Asia Timur itu Pan Gon pernah menjadi pelatih juga pemain. Saat masih aktif bermain, Pan Gon pernah bermain di klub Instant Dict. Di klub inilah Pan Gon dan Rochi menjadi rekan satu tim.

Musim 2000/2001, Pan Gon dan Rochi membela panji klub yang berjuluk The Dickies. Keduanya menjadi pemain pilar. Kontribusi Pan Gon dan Rochi mengantar kesebelasan itu menempati posisi runner up divisi utama Liga Hong Kong.

Pan Gon dan Rochi hanya bermain bersama selama satu musim. Pan Gon meneruskan kebersamaan dengan Instant Dict yang menjadi Double Flower pada musim 2001 hingga 2003 sebelum pindah ke klub Buler Ranger pada 2003 sampai gantung sepatu setahun kemudian.

Sementara Rochi memilih meneruskan karier di klub Happy Valley pada musim 2001/2002. Rochi kemudian bergabung ke South China pada musim 2002/2003 serta ke Kitchee pada musim 2003/2004 sembari bermain juga di PSM pada 2002 dan Persijatim Solo pada 2003.

Pan Gon pun kemudian melatih Buler Ranger serta South China dan menjabat pelatih timnas Hong Kong senior dan U-23.

Selain sempat bersama Rochi, saat bermain di Hong Kong Pan Gon juga pernah bermain dengan Dejan Antonic yang beberapa kali dipercaya menangani klub-klub Liga 1.

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER