Piala Asia: Australia Unggul 9-0 Atas Indonesia di Babak Pertama

CNN Indonesia
Jumat, 21 Jan 2022 17:51 WIB
Timnas putri Australia unggul 9-0 atas Timnas Putri Indonesia di babak pertama dalam laga Grup B Piala Asia Wanita 2022 di Stadion Mumbai, Jumat (21/1). Timnas Putri Indonesia tertinggal 0-9 dari Australia di babak pertama. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas putri Australia unggul 9-0 atas Timnas Putri Indonesia di babak pertama dalam laga Grup B Piala Asia Wanita 2022 di Stadion Mumbai, Jumat (21/1).

Australia langsung menebar ancaman kepada Indonesia usai kick-off. Striker Samantha Kerr mendapat umpan lambung dari lini tengah, namun kontrolnya kurang sempurna sehingga peluang gol itu hilang.

Pada menit ketiga, Kerr kembali memiliki peluang, kali ini dari tendangan bebas. Hanya saja, sundulan Kerr bisa diblok Zahra Muzdalifah.


Pada menit kesembilan, Australia unggul lewat Samatha Kerr setelah memanfaatkan kelengahan pertahanan Indonesia. Kerr mencetak gol usai menerima umpan terobosan Emily Louise van Egmond.

Sektor pertahanan Indonesia yang kurang soli jadi bulan-bulanan serangan Australia. Dua menit usai gol pertama, Kerr kembali membobol gawang Fani Supriyanto berkat operan Emily.

Garuda Pertiwi nyaris memperkecil kedudukan pada menit ke-13, ketika Zahra menerima umpan terobosan. Akan tetapi, tendangan Zahra dari luar kotak penalti masih lemah dan bisa diamankan kiper Mackenzie Arnold.

Australia's forward Sam Kerr fights for the ball with USA's defender Kelley O'Hara (R) during the Tokyo 2020 Olympic Games women's bronze medal football match between Australia and the United States at Ibaraki Kashima Stadium in Kashima city, Ibaraki prefecture on August 5, 2021. (Photo by Jeff PACHOUD / AFP)Samantha Kerr mencetak empat gol ke gawang Indonesia di babak pertama. (AFP/JEFF PACHOUD)

Alih-alih memperkecil kedudukan, Indonesia kembali bobol oleh Australia, kali ini lewat Caitlin Foord berkat assist Samatha Kerr pada menit ke-14.

Marry Fowler membuat Australia menjauh dengan skor 4-0 pada menit ke-17.

The Matildas memiliki kans menambah skor pada menit ke-25 setelah mendapatkan penalti usai Diah Tri Lestari melanggar Kerr.

Kerr yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. Kerr mencetak hattrick pada menit ke-26 setelah penaltinya ke sisi kanan tidak bisa dijangkau kiper Fani.

Permainan terbuka Timnas Putri membuat Australia menyerang dengan leluasa. Indonesia harus tertinggal 0-7 pada menit ke-35 setelah tendangan bek Ellie Carpenter bersarang di gawang Fani.

[Gambas:Video CNN]

Samatha Kerr benar-benar menjadi momok bagi Indonesia. Satu menit berselang usai gol Carpenter, Kerr mencetak gol keempat pada menit ke-36.

Indonesia terus dalam tekanan Australia pada babak pertama. Garuda Pertiwi kesulitan membangun serangan, salah satunya kerap salah dalam melakukan operan.

Penalti kedua diberikan wasit Mahsa Ghorbani kepada Australia setelah Foord dijatuhkan bek Shalika Aurelia.

Dalam tayangan ulang lutut Shalika lebih dahulu mengenai bola sebelum menjatuhkan Foord. Eksekusi yang dilakukan Van Egmond berjalan sukses, Australia unggul 9-0 pada menit ke-40.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Australia unggul 9-0 atas Indonesia di babak pertama.



(sry/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER