2 Tim Lolos ke Perempat Final Piala Afrika

CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 05:23 WIB
Burkina Faso dan Tunisia menjadi dua tim pertama yang merebut tiket ke perempat final Piala Afrika 2021. Burkina Faso lolos ke perempat final Piala Afrika 2021. (REUTERS/MOHAMED ABD EL GHANY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Burkina Faso dan Tunisia menjadi dua tim pertama yang merebut tiket ke perempat final Piala Afrika 2021.

Burkina Faso melangkah ke babak selanjutnya usai melewati adangan Gabon di Stadion Limbe, Kamerun, Minggu (23/1) waktu setempat. Burkina Faso lolos usai menang adu penalti secara dramatis.

Burkina Faso punya kesempatan untuk membobol gawang Gabon saat laga baru berjalan 18 menit melalui titik penalti. Namun, eksekusi Bertrand Traore hanya menerpa mistar gawang.


Traore membayar lunas kegagalannya 10 menit berselang. Pemain Aston Villa itu berhasil menggetarkan gawang Gabon memanfaatkan umpan Dango Ouattara.

Misi Gabon untuk menyamakan kedudukan bertambah sulit karena harus kehilangan satu pemain di babak kedua. Sidney Obissa diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua pada menit ke-68.

Ketika angin kemenangan seolah mengarah ke Burkina Faso, Gabon justru bisa menyamakan kedudukan. Gol bunuh diri Adama Guira membuat skor jadi 1-1 dan memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Burkina Faso dan Gabon tidak mampu mencetak gol pembeda di masa perpanjangan waktu dan penentuan pemenang harus berlanjut ke adu penalti. Dalam drama adu penalti, Burkina Faso menang dengan skor 7-6 atas Gabon.

Di laga berikutnya, Tunisia membuat kejutan dengan merebut tiket ke perempat final. Tim yang diarsiteki Mondher Kebaier menyingkirkan Nigeria dengan skor 1-0 Rounde Adjia Stadium, Garoua.

Satu-satunya gol di pertandingan ini diciptakan oleh Youseff Msakni saat saat babak kedua baru berjalan dua menit. Msakni melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dibendung kiper Nigeria, Maduka Okoye.

Upaya Nigeria untuk menyamakan kedudukan bertambah sulit karena Alex Iwobi diusir wasit. Bermain dengan 10 orang, Nigeria tidak bisa mencetak gol penyama kedudukan dan harus menerima kenyataan tersingkir di babak 16 besar.

Hasil ini membuat Tunisia akan menantang Burkina Faso di perempat final Piala Afrika 2021. Duel kedua tim akan berlangsung pada 29 Januari mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(jal/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER