Head to Head Indonesia vs Timor Leste: Garuda Sempurna, 1 Kebobolan

CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 12:16 WIB
Sejak sah memisahkan diri dari Indonesia pada 30 Agustus 1999, sudah empat kali Timor Leste menghadapi Timnas Indonesia. Timnas Indonesia terakhir mengalahkan Timor Leste pada 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak sah memisahkan diri dari Indonesia pada 30 Agustus 1999, sudah empat kali Timor Leste menghadapi Timnas Indonesia.

Timor Leste resmi terdaftar sebagai anggota FIFA pada 2005, satu tahun setelah diakui konfederasi sepak bola ASEAN (AFF) serta konfederasi sepak bola Asia (AFC).

Meski secara geografis bertetangga, PSSI tak sering memilih Timor Leste sebagai lawan uji tanding. Ini tak lain karena peringkat Indonesia jauh di atas Timor sebagai anggota baru keluarga besar sepak bola dunia (FIFA).


Saat sepak bola Indonesia mulai mengalami masalah pelik, seperti dualisme federasi dan kompetisi, Timor Leste mulai dilirik. Negeri Matahari Terbit tersebut diajak berlatih tanding pertama kali pada 2010.

Dalam persiapan menuju Piala AFF 2010, Timor Leste diundang ke Palembang. Timor dilumat dengan skor 6-0 lewat gol Muhammad Ridwan, Oktovianus Maniani, Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, dan Yongki Aribowo.

Dua tahun berselang, Timor Leste kembali diundang. Kali ini ke Jakarta. Sama seperti sebelumnya, pertandingan ini menjadi sarana persiapan menuju Piala AFF. Laga ini berakhir dengan skor 1-0 untuk Indonesia.

Banner live streaming MotoGP 2022

Seperti mulai jadi kebiasaan, Timor Leste kembali diundang menjelang Piala AFF 2014. Sama seperti sebelumnya tim berjulukan The Little Samba Nation ini kembali takluk. Kali ini dengan skor 0-4.

Setelah tiga kali berlatih tanding dan tak pernah mencetak gol, Timor Leste akhirnya bisa membuka keran gol pada pertemuan terakhir di Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan.

Pertandingan babak grup Piala AFF 2018 itu berakhir dengan skor 3-1. Satu-satunya gol Timor Leste yang tercatat sebagai gol pertama ke gawang Indonesia dilesakkan pemain muda Rufino Walter Gama.

Setelah tak bentrok selama hampir tiga tahun, PSSI terpaksa kembali mengundang Timor Leste. Ini karena calon lawan uji coba Timnas Indonesia lainnya, seperti Tajikistan dan Bangladesh, membatalkan agenda.

Ini karena PSSI tak bisa mengupayakan adanya aturan khusus tanpa karantina. Timor Leste jadi satu-satunya negara yang bersedia datang ke Indonesia meski harus dikarantina selama lima hari.

Head to Head Indonesia vs Timor Leste

21/11/2010: Indonesia 6-0 Timor Leste
12/11/2012: Indonesia 1-0 Timor Leste
11/11/2014: Indonesia 4-0 Timor Leste
13/11/2018: Indonesia 3-1 Timor Leste

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER