Kim Pan Gon Langsung Dilindungi Suporter Malaysia

CNN Indonesia
Senin, 24 Jan 2022 17:23 WIB
Kim Pan Gon langsung mendapat dukungan suporter timnas Malaysia meski belum resmi melatih Kim Pan Gon resmi jadi pelatih timnas Malaysia. (AFP/JUNG YEON-JE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kim Pan Gon langsung mendapat dukungan suporter timnas Malaysia meski belum resmi melatih. Sejumlah suporter Malaysia meminta Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk tidak merecoki pekerjaan Kim Pan Gon.

Kim Pan Gon resmi dipilih FAM sebagai pelatih baru timnas Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe yang memutuskan mundur usai kegagalan di Piala AFF 2020. Kim Pan Gon akan resmi bergabung 1 Februari mendatang setelah kontraknya bersama Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) berakhir.

Sejumlah pihak khawatir Kim Pan Gon tidak bisa membawa hasil bagus di timnas Malaysia. Salah satunya adalah karena campur tangan FAM, termasuk dalam hal pemilihan pemain.


Pihak suporter juga mengkhawatirkan hal itu terjadi. Untuk itu mereka sudah memperingatkan FAM untuk tidak mengganggu kerja Kim Pan Gon.

"Jika melihat pelatih Vietnam [Park Hang Seo] dulu, tidak ada prestasi yang sangat baik dari awal, tetapi dia berhasil mengubah tim Vietnam menjadi tim yang hebat. Yang terpenting jangan ada campur tangan. Kalau tidak, pelatih hebat mana pun akan datang, kalau FAM masih membuat kekacauan, tetap tidak akan berhasil," ujar Safarizal Sobri yang merupakan Ketua Suporter Jaguh Utara (JUFC).

"Biarkan pelatih melakukan tugasnya 100 persen dan jika dalam hal pemilihan pemain, saya pikir dia tidak perlu bertanya kepada manajemen FAM terlebih dahulu, dia harus membuat keputusan sendiri. Fans juga senang melihat perubahan yang dia bawa," ucap Safarizal dikutip dari Berita Harian.

Banner live streaming MotoGP 2022

Sementara itu Presiden Suporter Anak Selangor (ASFC), Mohd Faizal Wahid, berharap Kim Pan Gon bisa menjalani tugasnya tanpa hambatan. Faizal juga mengingatkan Kim Pan Gon atas harapan besar dari suporter Malaysia.

"Jangan ada klub yang menolak melepas pemain. Pelatih baru juga perlu mencari pemain yang benar-benar mumpuni untuk mengenakan jersey timnas," ujar Faizal.

"Kami ingin melihat apakah dia bisa membuat perubahan yang lebih baik dari Cheng Hoe. Faktanya Cheng Hoe adalah pelatih lokal dan telah membawa perubahan di tim nasional. Semua mata juga akan tertuju pada pelatih yang baru diangkat, kesalahan kecil akan membawa konsekuensi. Ekspektasi suporter tinggi," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER