5 Pemain Luar Negeri yang Belum Dipanggil Shin Tae Yong

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 20:14 WIB
Sejumlah pemain muda yang sedang berkarier di luar negeri tak masuk pantauan Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia saat ini. Brylian Aldama tak dipanggil dalam pemusatan latihan oleh Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pemain muda yang sedang berkarier di luar negeri tak masuk pantauan Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia saat ini. Berikut daftar lima pemain tersebut.

Dari tahun ke tahun, jumlah pemain yang mencoba peruntungan di luar negeri terus meningkat. Pada 2021 misalnya tak kurang dari 27 pemain berkarier di luar negeri, dari Asia Tenggara, Asia Timur, hingga Eropa Timur.

Tahun ini jumlahnya berkurang, tetapi diyakini bakal bertambah pada bursa transfer musim panas pada Juli-Agustus mendatang. Sejumlah nama sudah dikait-kaitkan bakal meniti karier di kompetisi yang lebih maju.


Main di luar negeri, diyakini membuka kans membela Timnas Indonesia. Pasalnya kualitas kompetisi sepak bola di luar negeri dianggap lebih baik ketimbang di Indonesia.

Berikut adalah lima pemain yang membela klub luar negeri, tetapi tak mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia:

Ryu Nugraha (AC Nagano Parceiro)

Sempat dipinjamkan ke klub kasta kelima Liga Jepang, Fukui United, kini Ryu Nugraha kembali ke klub kasta ketiga, AC Nagano Parceiro. Kiper berstatus WNI ini sedang merintis jalan dilirik klub kasta kedua dan pertama Jepang.

Lahir di Chikuma, Nagano, Jepang pada 6 April 2000, Ryu memulai karier dengan ikut akademi Shioda MS dan Ueda Chikuma HS, lantas bergabung AC Nagano pada 2019. Sepak bola Jepang diyakini membuat tekniknya terasah.

Brylian Aldama (NK Pomorac 1921)

Jadi andalan Shin dalam persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang batal ketika pemusatan latihan di Kroasia, Brylian Aldama tak kunjung masuk daftar panggil Timnas Indonesia U-23 maupun senior selama 2020 dan 2021.

Pemain yang sedang dipinjamkan HNK Rijeka ke NK Pomorac 1921 ini memulai perjuangannya di Kroasia dengan tampil di kompetisi level usia. Nama mantan pemain Persebaya ini sudah masuk skuad tim utama, tapi belum debut.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

David Maulana hingga Bagus Kahfi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER