Indonesia vs Timor Leste: Panas Kasus Curi Umur Gali Freitas

CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 13:50 WIB
Di antara 27 nama yang dibawa Timor Leste dalam laga uji tanding melawan Timnas Indonesia, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas menjadi sorotan. Ilustrasi Timnas Indonesia vs Timor Leste di ajang kelompok umur. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di antara 27 nama yang dibawa timnas Timor Leste dalam laga uji tanding melawan Timnas Indonesia, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas menjadi sorotan.

Alih-alih karena performa, Gali Freitas mendapat perhatian lantaran pernah diduga terlibat kasus pencurian umur. Tepatnya tiga tahun lalu ketika sang pemain berlaga di Piala AFF U-15 yang berlangsung di Thailand.

Ketika itu Freitas yang menjadi kapten timnas Timor Leste dalam perhelatan kelompok umur tersebut disinyalir sudah berada di atas usia 15. PSSI mempertanyakan status Freitas, sementara beberapa federasi sepak bola negara lain pun sudah mengajukan protes resmi ke Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).


Protes yang dilakukan di tengah-tengah turnamen itu kemudian ditanggapi dengan penyelidikan AFF. Keputusan AFF kemudian menyatakan menolak protes atas dugaan pencurian umur Freitas dan si pemain pun dinyatakan tetap bisa bermain untuk Timor Leste di Piala AFF U-15 2019.

AFF ketika itu menganggap protes yang diajukan tidak mendasar. AFF menyatakan Freitas bisa berpartisipasi sesuai dengan regulasi turnamen.

Freitas mengantar Timor Leste menghuni peringkat ketiga di Grup A. Kendati Timor Leste gagal melangkah ke semifinal, torehan tujuh gol Freitas tidak bisa disalip pemain lain dalam daftar pencetak gol terbanyak.

Sebelum Piala AFF U-15 2019, terdapat nama serupa yang memperkuat Timor Leste di Piala AFF 2018. Hanya saja pemain yang didaftarkan juga dengan nama Paulo Domingos Gali da Costa Freitas tercantum sudah berusia 22.

Selain itu nama Gali Freitas juga ada dalam daftar pemain Timor Leste untuk Piala AFF U-19 2018.

Freitas merupakan pemain gelandang serang yang dimiliki Timor Leste dan bisa beroperasi di tengah, serta sisi kanan dan kiri.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER