Kim Pan Gon Diminta 'Tidak Ikuti' Shin Tae Yong

CNN Indonesia
Jumat, 28 Jan 2022 14:40 WIB
Pelatih baru Malaysia Kim Pan Gon diminta menggelar pertemuan dengan pelatih-pelatih klub Liga Malaysia (Liga M) setelah tiba di Malaysia. Kim Pan Gon diminta segera gelar pertemuan dengan pelatih klub Liga Malaysia. (AFP/PORNCHAI KITTIWONGSAKUL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih baru Malaysia Kim Pan Gon diminta menggelar pertemuan dengan pelatih-pelatih klub Liga Malaysia (Liga M) setelah tiba di Malaysia.

Pan Gon resmi jadi pelatih timnas Malaysia baru-baru ini. Akan tetapi pelatih asal Korea Selatan itu baru tiba di Malaysia pada Februari nanti.

Tugas pertama Pan Gon bersama Harimau malaya adalah babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni mendatang.


Melihat waktu yang singkat untuk persiapan, pengamat olahraga Malaysia, Pekan Ramli menyarankan Pan Gon bertemu dengan pelatih-pelatih liga Malaysia. Pertemuan itu guna memberikan gambaran pemain-pemain Malaysia.

"Sebelum liga dimulai, Pan Gon diharapkan mengadakan pertemuan dengan para pelatih klub yang bermain di Liga Malaysia untuk mendapatkan informasi memilih pemain yang diinginkan," ujar Ramli dikutip dari Utusan.

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan saat konferensi pers di kawasan Seminyak, Badung, Bali, Rabu (26/1/2022). Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timnas Timor Leste dalam pertandingan uji coba internasional di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali pada 27 dan 30 Januari 2022. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.Shin Tae Yong disebut belum menggelar pertemuan dengan klub Liga Indonesia. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

"Pan Gon harus mendapatkan gambaran sebenarnya dari para pemain yang akan dipilihnya baik melalui pejabat maupun direktur teknik FAM [Asosiasi Sepak Bola Malaysia]," ucap Ramli menambahkan.

Rencana Pan Gon bersama Malaysia itu tidak terjadi pada Shin Tae Yong dengan Timnas Indonesia. Shin Tae Yong disebut belum menggelar pertemuan dengan pelatih klub-klub Liga Indonesia sejak dikontrak pada 2019.

Kondisi itu juga yang memunculkan persoalan soal keluhan pelatih-pelatih klub yang mengkritik Shin Tae Yong setelah pelatih asal Korsel itu mengeluhkan kondisi pemain saat gabung Timnas Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Di mata Pekan Ramli, apabila Kim Pan Gon tidak menggelar pertemuan dengan pelatih-pelatih klub Liga Malaysia dan minim informasi soal pemain yang dibutuhkan, hal itu bisa menghambat proses pembentukan timnas Malaysia.

"Jika dia tidak mendapatkan semua informasi pemain, mungkin ini akan memakan waktu lama," kata Ramli.

(sry/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER