Suzuki Cabut dari MotoGP, Bagaimana Nasib Mir dan Rins?

CNN Indonesia
Selasa, 03 Mei 2022 07:57 WIB
Bagaimana nasib Joan Mir dan Alex Rins setelah Suzuki dikabarkan akan cabut dari MotoGP usai musim 2022? Joan Mir dan Alex Rins tidak memiliki tim setelah Suzuki cabut dari MotoGP. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagaimana nasib Joan Mir dan Alex Rins setelah Suzuki dikabarkan akan cabut dari MotoGP usai musim 2022?

Kabar mengejutkan datang dari paddock MotoGP usai tes yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Senin (2/5). Suzuki dikabarkan akan meninggalkan MotoGP usai musim 2022 setelah mengalami krisis finansial.

Rumor itu mengejutkan karena Suzuki sudah melakukan tanda tangan komitmen tampil di MotoGP hingga 2026. Sebuah perjanjian kontrak yang dilakukan antara Suzuki dan Dorna, selaku pengelola MotoGP, pada April 2021.


Keputusan Suzuki cabut dari MotoGP juga akan berimbas kepada dua pembalap, Joan Mir dan Alex Rins. Kontrak kedua pembalap akan berakhir usai MotoGP 2022. Meski sudah ada negosiasi perpanjangan kontrak, tapi Mir dan Rins dipastikan harus mencari tim baru jika Suzuki cabut dari MotoGP.

Dikutip dari Sky Sports, Mir diklaim sudah memiliki tim baru di MotoGP 2023 setelah Suzuki cabut. Juara dunia MotoGP 2020 itu disebut sudah mencapai kesepakatan dengan Repsol Honda untuk menggantikan posisi Pol Espargaro.

Dengan demikian kita akan melihat duet dua juara dunia MotoGP, Marc Marquez dan Joan Mir, pada MotoGP 2023 jika Suzuki benar-benar keluar.

Banner video highlights MotoGP 2022

Kondisi yang tidak jelas dihadapi Rins. Namun pembalap asal Spanyol itu tetap punya beberapa opsi untuk membalap di MotoGP musim depan.

Rins diklaim berpeluang ke Yamaha menggantikan Fabio Quartararo yang hingga kini belum memperpanjang kontrak. Jika Quartararo bertahan di Yamaha, Rins juga bisa menjadi pilihan Ducati sebagai pengganti Jack Miller setelah Jorge Martin tidak konsisten musim ini.

Beberapa tim yang bisa menjadi pelabuhan baru Rins di MotoGP 2023 adalah Aprilia dan RNF Yamaha.

Live streaming MotoGP Prancis, 15 Mei mendatang, bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com dan siaran langsung di Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER