Sri Maya Sari Calon Ratu 400 Meter Putri SEA Games

jun | CNN Indonesia
Rabu, 11 Mei 2022 17:07 WIB
Sri Maya Sari, atlet atletik Indonesia yang punya potensi menjadi ratu 400 Meter Putri SEA Games 2021 (2022)  di Vietnam. Sri Maya Sari calon ratu lari 400 meter di SEA Games 2021. (CNN Indonesia/Abdul Susila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia nyaris tak punya bintang dalam cabang olahraga atletik di nomor 400 meter putri. Namun kini ada calon ratu bernama Sri Maya Sari.

Selama abad milenium, wakil Indonesia tak pernah meraih medali di nomor 400 meter putri. catatan buruk ini sepertinya akan terpatahkan dalam pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-31 ini.

Tanda-tanda gadis asal Sekayu, Musi Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan ini akan membuat gebrakan di Vietnam, terlihat dari PON 2020 (2021) Papua. Sri mematahkan rekor nasional.


Tampil mewakili Sumatera Selatan, dara 22 tahun ini meraih medali emas dengan torehan waktu 53,32 detik. Ini mematahkan rekor 37 tahun yang dipegang Emma Tahapary dengan waktu 54,20 detik.

Kecepatan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) ini memang belum melampaui torehan waktu peraih medali SEA Games tiga edisi terakhir. Pemegang tiga medali emas SEA Games adalah Nguyen Thi Huyen asal Vietnam.

Pada 2015, Thi Huyen membukukan waktu 52 detik, lantas pada 2017 dengan torehan 52,48 detik, dan pada 2019 mencapai 52,80 detik. Bukan waktu yang mudah untuk dilampaui, tetapi bukan hal mustahil.

Berkaca dari hasil tes dalam masa persiapan menuju SEA Games 2021, catatan waktu Sri berpotensi medali. Torehan waktunya telah melampaui waktu emas yang dibuat Thi Huyen pada 2019.

"Kalau persiapan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Terakhir seminggu yang lalu di nomor 400 ini mengalami perbaikan dari PON," kata Sri kepada CNNIndonesia.com.

"PON kemarin waktunya 53,21 detik, nah pas tes kemarin 52,66 detik. Kalau untuk SEA Games pastinya ingin emas dan memperbaiki catatan rekor yang kemarin," ucap Sri sambil tersenyum.

Wanita yang telah menekuni dunia atletik sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD) ini mengakui atlet Vietnam sebagai pesaing terbesarnya. Namun Sri menolak untuk kalah sebelum bertarung.

Demi mewujudkan ambisi meraih medali emas di SEA Games, Sri tak libur selepas PON Papua. Ia lebih memilih berlatih dengan ketat agar nomor bukan spesialis Indonesia ini bisa digapai.

Banner live streaming MotoGP 2022

"Motivasi saya kan saat ini lagi bagus-bagusnya. Kesempatan kan tidak datang dua kali. Jadi jangan lengah. Kalau lagi bagus-bagusnya kita manfaatkan untuk lebih bagus," ucapnya.

"Saingan terberat dari tuan rumah Vietnam, soalnya kan juara bertahan dari SEA Games emas terus. Sekarang kan tidak tahu catatan waktu [lawan] berapa. Saya tetap optimistis," kata Sri.

Mengacu jadwal yang dirilis SEA Games 2021, Sri akan tampil pada 15 Mei di Stadion My Dinh, Hanoi. Ini merupakan hari kedua nomor perlombaan atletik setelah dibuka pada 14 Mei.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER