Yenny Wahid: Indonesia Ikut 5 Seri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

CNN Indonesia
Kamis, 12 Mei 2022 07:22 WIB
Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid menyebut Indonesia akan tampil di lima seri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC 2022. Ilustrasi kejuaraan panjat tebing. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid menyebut Indonesia akan tampil di lima seri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC 2022.

Dari total 14 seri kejuaraan dunia, dua di antaranya telah berlangsung. Dari 12 seri tersisa terdapat tujuh seri yang memperlombakan nomor speed. Namun hanya lima seri yang akan diikuti Indonesia.

"Totalnya tujuh seri [kejuaraan dunia]. Yang mungkin kita ikuti [lima seri], Salt Lake City, Amerika Serikat, Villar, Prancis, dan Indonesia. Yang lain masih komunikasi dengan pemerintah," kata Yenny.


Yenny menjelaskan keberangkatan kontingen Indonesia ke Wujiang pada 28-30 September serta Chongqing pada 6-9 Oktober menanti keputusan pemerintah. Ini terkait dengan ajang Asian Games 2022.

Target yang dipatok FPTI untuk kelima kejuaraan dunia tersebut adalah mempertahankan gelar juara di kategori putra, dan meningkatkan performa untuk kategori putri.

Atlet putra Indonesia menggebrak dengan meraih medali emas, perak, dan perunggu nomor speed pada 7 Mei di Korea Selatan. Mereka itu adalah Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, dan Rahmad Adi Mulyono.

Kiromal bahkan memecahkan rekor dunia dengan torehan waktu 5,17 detik. Ia mematahkan rekor yang diciptakan Veddriq saat tampil di seri ketiga kejuaraan dunia 2021 di Amerika Serikat pada 29 Mei.

Atlit panjat tebing Indonesia Katibin Kiromal (kiri ) dan rekannya Veddriq Leonardo (kanan) melakukan selebrasi setlah mencatat waktu tercepat dalam  kejuaraan PIala Duania Panjat Tebing 2021, di  Salt Lake City, Utah, Ametika Serikat, Jumata (28/5/2021). Veddriq Leonardo memecahkan rekor dunia utk kategori Speed Worl Reord dengan catatan waktu 5, 20 detik diikuti  rekannya  Katibin Kiromal dengan catatan waktu 5,25 detik. ANTARA FOTO/ Reuters-Jeffrey Swinger-USA TODAY Sports/hp.Kiromal Katibin (kiri ) dan Veddriq Leonardo ditargetkan mempertahankan prestasi di kejuaraan dunia. (ANTARA FOTO/ Reuters-Jeffrey Swinger-USA TODAY Sports/)

Jika atlet putra meraih prestasi, tidak demikian dengan atlet putri. Empat atlet yang tampil di Korea Selatan adalah Rajiah Salsabila, Desak Made Rita, Nurul Iqamah, dan Alivany Ver Khadijah.

Meski tidak mengukir prestasi seperti yang ditorehkan Aries Susanti Rahayu pada 2018 dan 2019, empat atlet ini dianggap makin berkembang. Yenny yakin keempatnya akan bisa mengukir prestasi.

"Jam terbang juga menentukan ya. Karena perlu latihan fisik dan mental agar bisa jadi juara. Kemarin para atlet putri banyak yang melakukan kesalahan sehingga performa tidak maksimal," kata Yenny.

"Faktor lainnya adalah cuaca yang sangat dingin, suhunya 10 derajat yang membuat tangan jadi kaku. Tapi sebetulnya catatan waktu para atlet putri terus meningkat walaupun belum bisa mengungguli Aries."

[Gambas:Video CNN]

Putri Presiden Kelima RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini menjelaskan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC 2022 berjalan dengan lancar.

Seri ke-11 kejuaraan dunia 2022 ini akan berlangsung di Jakarta pada 22-24 September. Saat ini sedang dibangun segala fasilitas pendukung kejuaraan tersebut demi sukses penyelenggara dan prestasi.

"Kami sedang mempersiapkan infrastrukturnya [untuk Kejuaraan Dunia Panjat Tebing IFSC 2022]. Pembangunan wall dan persiapan kepanitiaan lain," ucap pemilik nama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh ini.

(abs/ptr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER