5 Cabang Olahraga SEA Games 2021 yang Jarang Diketahui

CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 09:13 WIB
SEA Games 2021 (2022) akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan lima di antaranya jarang diketahui. Berikut 5 cabor SEA Games 2021 yang kurang populer. SEA Games 2021 (2022) akan mempertandingkan 40 cabang olahraga. (REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

SEA Games 2021 (SEA Games 2022) akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan lima di antaranya jarang diketahui. Berikut lima nomor pertandingan tersebut.

Pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut telah resmi dibuka pada Kamis (12/5) malam di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. Ini adalah kali kedua Vietnam menjadi tuan rumah, setelah pertama kali pada 2003.

Vietnam pun hanya menjadi pengganti. SEA Games 2021 rencananya berlangsung di Kamboja. Karena pandemi Covid-19 mereka mengundurkan diri dan Vietnam bersedia menggantikan negeri Neraka di Bumi itu.


Jumlah cabang olahraga pada edisi ini pun berkurang dari edisi 2019 yang mencapai 56. Namun jumlahnya masih lebih banyak dari SEA Games 2017 Malaysia (38) dan SEA Games 2015 Singapura (36).

Berikut adalah lima cabang olahraga yang jarang diketahui dan tidak dipertandingkan di setiap edisi SEA Games.

1. Finswimming

Finswimming secara harfiah bermakna renang kaki katak. Olahraga bawah air ini terdiri dari empat teknik: renang di atas permukaan, menyelam dengan satu tarikan nafas, renang dengan alat bantu nafas, dan juga bi-fin.

Olahraga ini tidak dipertandingkan dalam tiga edisi sebelumnya. Nomor perlombaan ini masuk kategori tiga atau tidak wajib dimainkan karena bukan merupakan cabang olahraga Olimpiade.

Karena olahraga ini masih terkait dengan air dan dipertandingkan di dalam kolam, mereka masuk bagian akuatik. Meski nomor tak populer Indonesia tetap mengirim kontingen di cabang olahraga ini.

2. Olahraga Dansa

Orang mungkin cukup familiar dengan dansa, namun olahraga dansa sangat berbeda dengan dansa biasa. Beberapa contoh dansa olahraga adalah salsa, waltz, tango, foxtrot, dan rumba.

Ini kali kedua olahraga dansa dipertandingkan di SEA Games. Cabang olahraga ini pertama kali dipertandingkan pada 2019. Ketika itu Indonesia turut mengirim kontingen tetapi gagal meraih medali.

Untuk edisi kali ini Indonesia tak mengirim kontingen. Selain karena bukan cabang olahraga Olimpiade, cabang ini juga belum menjadi daya tarik bagi masyarakat, karena dianggap olahraga rekreasi.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Petanque, Vovinam, hingga Xiangqi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER