5 Cabang Olahraga SEA Games 2021 yang Jarang Diketahui

CNN Indonesia
Jumat, 13 Mei 2022 09:13 WIB
SEA Games 2021 (2022) akan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan lima di antaranya jarang diketahui. Berikut 5 cabor SEA Games 2021 yang kurang populer. SEA Games Hanoi Vietnam akan mempertandingkan 5 cabor yang tidak populer. (REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA)

3. Petanque

Petanque merupakan cabang olahraga yang dipopulerkan Prancis. Olahraga ini menggunakan bola dengan dua ukuran. Bola-bola tersebut dilempar dengan tangan. Jumlah bola yang dilempar itu dihitung poin.

Cabang olahraga ini pertama kali dipertandingkan pada 2013 di Myanmar. Ketika itu Indonesia tidak mengirim kontingen. Indonesia baru ambil bagian di cabang olahraga ini pada 2015 di Malaysia.

Karena tak bisa meraih medali, Indonesia tak lagi ambil bagian pada edisi 2017 di Singapura dan 2019 di Filipina. Untuk edisi ini Indonesia kembali tak mengirim wakil karena bukan olahraga Olimpiade.

4. Vovinam

Vovinam merupakan olahraga yang berasal dari Vietnam. Ini adalah olahraga bela diri yang menitik beratkan pada kekuatan tendangan dan kuncian memutar pada bagian vital, yakni di leher.

Olahraga ini pertama kali dipertandingkan di Myanmar pada 2013. Setelah itu olahraga ini tak dipertandingkan pada 2015, 2017, dan 2019. Kini, saat Vietnam jadi tuan rumah, cabang ini kembali dipertandingkan.

Mengingat cabang olahraga ini milik Vietnam, diplomasi olahraga diberlakukan. Vietnam meminta para peserta memainkan cabang ini sama seperti Indonesia meminta negara lain memainkan pencak silat.

Banner live streaming MotoGP 2022

5. Xiangqi

Ini merupakan olahraga yang berasal dari China. Secara harfiah berarti gajah dan catur. Dengan kata lain ini adalah permainan catur gajah, yakni menggunakan bidak pipih berbentuk bulat.

Jumlah bidak yang digunakan identik, yakni 16. Bidak tersebut dibedakan dengan warna hitam dan merah. Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan catur, tetapi tidak berdasarkan petak melainkan garis.

Olahraga ini baru debut di SEA Games 2021 atau baru dipertandingkan di Vietnam. Mengingat ini bukan cabang olahraga diplomasi Vietnam, Indonesia memutuskan tak mengirim kontingen.

[Gambas:Video CNN]



(abs/rhr)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER