Asnawi Absen, Pertahanan Timnas Indonesia Keropos?

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mei 2022 11:40 WIB
Timnas Indonesia kehilangan pemain kunci di pertahanan seiring absennya Asnawi Mangkualam melawan Thailand pada semifinal SEA Games 2021 (2022) Asnawi Mangkualam absen di laga Timnas Indonesia vs Thailand karena sanksi. (ANTARA FOTO/HUMAS PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia kehilangan pemain kunci di pertahanan seiring absennya Asnawi Mangkualam melawan Thailand pada semifinal SEA Games 2021 (2022), Kamis (19/5).

Asnawi tidak bisa bermain karena terkena sanksi akumulasi kartu kuning. Pemain Ansan Greeners itu mengantongi dua kartu kuning di babak penyisihan grup.

Absennya Asnawi jelas menimbulkan pekerjaan rumah tersendiri buat Shin Tae Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu dipaksa memutar otak mencari solusi di pos bek kanan untuk menggantikan Asnawi.

Pemain Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi sejatinya merupakan pengganti ideal Asnawi di sektor itu. Rio Fahmi pun telah dipercaya oleh Shin Tae Yong dengan bermain sebagai starter dalam dua pertandingan awal babak penyisihan grup A SEA Games 2021.

Hanya saja penampilan Rio Fahmi belum terlalu meyakinkan. Bek kanan berusia 20 itu bahkan terlihat begitu kewalahan menjaga pos kanan pertahanan Timnas Indonesia saat takluk 0-1 dari Vietnam di laga pembuka.

Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri. Apalagi Thailand termasuk tim yang berbahaya soal urusan melakukan serangan dan itu telah dibuktikan di penyisihan grup.

Thailand merupakan tim paling produktif di fase grup SEA Games 2021. Skuad asuhan Alexandre 'Mano' Polking itu berhasil mencetak 12 gol atau unggul satu gol atas Timnas Indonesia dalam daftar tersebut.

Thailand juga memiliki pemain-pemain sayap yang agresif, kuat, dan memiliki kecepatan. Salah satunya adalah Ekanit Panya yang tergolong subur karena sudah mencetak dua gol.

Selain Asnawi dan Rio Fahmi, Timnas Indonesia memang tidak lagi memiliki pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan. Opsi yang mungkin diambil Shin Tae Yong adalah memainkan Rachmat Irianto yang kuat dalam bertahan untuk bermain sebagai bek kanan.

Rizky Ridho sebenarnya memiliki kemampuan untuk bermain di posisi serupa. Namun memindahkan posisi Rizky Ridho ke sisi kanan tergolong berisiko karena justru menjadi minim opsi di sektor jantung pertahanan.

Timnas Indonesia sebenarnya masih punya Alfeandra Dewangga untuk berduet dengan Fachruddin Aryanto andai Rizky Ridho digeser ke pos bek sayap. Hanya saja Dewa sudah dalam tiga laga terakhir jadi penghuni tetap di posisi bek sayap kiri tim Garuda Muda.

[Gambas:Video CNN]

(jal/har)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER