LAPORAN DARI VIETNAM

Pelatih Thailand Sukses Jebak Timnas Indonesia

CNN Indonesia
Jumat, 20 Mei 2022 06:30 WIB
Jebakan perang urat saraf yang dilakukan pelatih Thailand Alexandre Mano Polking untuk Timnas Indonesia U-23 berjalan sukses pada semifinal SEA Games 2021, Mano Polking mengatakan Indonesia punya masa depan cerah. (REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)
Hanoi, CNN Indonesia --

Jebakan perang urat saraf yang dilakukan pelatih Thailand Alexandre Mano Polking untuk Timnas Indonesia U-23 berjalan sukses pada semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5).

Indonesia takluk 0-1 dari Thailand di Stadion San Van Dong Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5) sore. Gol semata wayang tim Gajah Perang dilesakkan Weerathep Pomphan pada menit ke-95.

Ini menjadi kemenangan kedua Polking bersama Thailand atas Indonesia. Kemenangan pertama tercipta dalam laga final Piala AFF 2020 (2021) di Singapura.


Kemenangan ini juga menandai kesuksesan jebakan Polking untuk Indonesia. Sebelum laga pelatih asal Brasil itu melakukan sejumlah mind games, salah satunya menyebut Thailand punya taktik spesial untuk mengalahkan Indonesia.

Dalam konferensi pers usai Indonesia vs Thailand, Polking mengaku tidak punya taktik spesial untuk mengalahkan Garuda Muda.

"Saya pikir tidak ada rahasia spesial, tidak ada kunci sukses. Kami berusaha bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kami inginkan. Pada akhirnya kemenangan ini berkat kualitas pemain," kata Polking saat jumpa pers seusai laga.

[Gambas:Video CNN]

"Pemain kami bagus. Saya hanya mencoba mencari rencana, beberapa strategi untuk mengalahkan lawan, tetapi sumbernya dari pemain. Mereka bagus dan punya semangat yang fantastik," ujarnya.

Lebih lanjut Polking mengungkapkan pemain Indonesia yang diperkuat pemain di bawah 17 tahun hingga 20 tahun bisa membahayakan dominasi Thailand, Malaysia, Vietnam, atau Singapura di pentas Asia Tenggara.

Alasan Polking faktual, sebab The Elephent Warriors menguasai gelar juara Piala AFF dan emas SEA Games. Dalam 30 tahun terakhir Timnas Indonesia tidak pernah meraih prestasi.

"Saya percaya Indonesia. Mereka sangat muda. Bahkan di ajang ini mereka punya beberapa pemain 20 tahun di turnamen U-23. Juga ada pemain 17 tahun, Marselino. Saya percaya Indonesia punya masa depan cerah," ujar Polking.

Dengan pemain muda ini, menurut Polking, Indonesia patut diwaspadai Thailand. Pemain-pemain seperti Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman yang masih sangat muda akan membuat persaingan di ASEAN makin tinggi.

"Ke depannya akan selalu dan semakin sulit mengalahkan Indonesia. Mereka akan berupaya mengalahkan kami. Namun saya percaya kami akan berusaha agar itu tidak terjadi. Kami akan bertarung dengan kekuatan kami," katanya.

(har/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER