Losail Direnovasi, MotoGP Mandalika Ingin Jadi Pembuka MotoGP 2023

CNN Indonesia
Kamis, 19 Mei 2022 19:07 WIB
Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyebut MotoGP Mandalika bersedia menggantikan Qatar sebagai pembuka MotoGP 2023. Ilustrasi MotoGP Mandalika. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menyebut MotoGP Mandalika bersedia menggantikan Qatar sebagai pembuka MotoGP 2023.

Penyelenggara MotoGP resmi memindahkan jadwal MotoGP Qatar ke paruh akhir musim 2023 menyusul renovasi di Sirkuit Losail. Hal ini membuat seri balapan pembuka akan menjadi jatah bagi sirkuit lain.

"Kami sangat siap, karena ini sudah jadi agenda rutin. Kami sudah siap setelah WSBK dan dilanjutkan MotoGP. Jadi sekarang pun WSBK di Oktober [lanjut MotoGP] kami tidak terlalu repot karena sudah ada pakemnya," kata Priandhi kepada CNNIndonesia.com.


"MotoGP juga begitu karena kan tinggal pengulangan saja. Tata cara penyelenggaraan kami sudah tahu, regulasi juga sudah mengerti," ucap Priandhi menambahkan.

Berkaca pada musim ini, jika MotoGP Mandalika menjadi balapan pembuka, seri tersebut bisa digelar pada awal Maret 2023. Meski demikian pihak MGPA masih menunggu informasi resmi dari Dorna soal perubahan jadwal seri balap.

MotoGP - Qatar Grand Prix - Losail International Circuit, Lusail, Qatar - March 5, 2022 Mooney VR46 Racing Team's Luca Marini and Aprilia Racing's Aleix Espargaro in action during qualifying REUTERS/Ibraheem Al OmariSirkuit Losail Qatar tengah dalam renovasi. (REUTERS/IBRAHEEM AL OMARI)

"Sampai saat ini belum dapat konfirmasi resmi dari Carmelo [Ezpeleta] dari Dorna dan penyelenggara MotoGP. Jadi belum tahu apakah akan dia mundurkan atau ganti," kata Priandhi.

Di luar soal peluang Mandalika gantikan Qatar, Priandhi menyampaikan pihaknya sudah mencatat segala evaluasi yang Dorna berikan setelah MotoGP Mandalika 2022. Ia memastikan saran dan kritik dari Dorna akan menjadi landasan penyelenggaraan MotoGP.

"Untuk catatan khusus dari MotoGP hanya pengaspalan di beberapa titik yang dirasa masih kurang bagus, sisanya tidak ada. Yang sekarang ini hanya permukaan lintasan saja sama pengecatan di beberapa tikungan," kata Priandhi.

[Gambas:Video CNN]

"Masalah cuaca tidak masuk ke dalam rekomendasi [dari MotoGP] karena mereka sendiri sudah punya jadwal buat di Eropa, jam tayang juga sudah pasti. Jadi mereka sudah tahu konsekuensi di Asia itu sedang hujan di bulan-bulan itu. Jadi ya ini kejadian alam," tutur Priandhi melanjutkan.

Balapan MotoGP berikutnya digelar di MotoGP Italia 2022 pada 29 Mei. Live streaming MotoGP Italia bisa disaksikan di CNNIndonesia.com sedangkan siaran langsung di Trans7.

(ikh/jal)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER