ANALISIS

Timnas Indonesia Gagal di SEA Games, Salah Siapa?

jal | CNN Indonesia
Jumat, 20 Mei 2022 20:21 WIB
Timnas Indonesia U-23 kembali gagal meraih medali emas SEA Games yang terakhir kali berada dalam genggaman tahun 1991 silam. Timnas Indonesia kembali gagal meraih medali emas di ajang SEA Games. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 harus menerima kenyataan pahit kembali gagal mewujudkan misi meraih medali emas SEA Games 2021 (2022).

Langkah Timnas Indonesia U-23 terhenti bukan di babak final seperti SEA Games edisi sebelumnya. Kali ini skuad asuhan Shin Tae Yong sudah kandas di babak semifinal usai takluk dari Thailand.

Tim Garuda Muda tidak mampu berbicara banyak melawan Thailand yang melakoni persiapan lebih singkat menghadapi SEA Games edisi ke-31. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan takluk lewat gol semata wayang Weerathep Pomphan di babak pertama masa perpanjangan waktu.


Kegagalan itu jelas terasa menyesakkan. Bukan hanya bagi pemain, staf pelatih, atau ofisial tetapi tentu saja buat pencinta sepak bola di tanah air.

Suporter Timnas Indonesia kembali harus berlapang dada. Suporter tim Merah Putih harus kembali bersabar menunggu saat medali emas atau piala itu datang untuk dirayakan bersama.

Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Benjamin James Davis (kedua kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.Timnas Indonesia takluk dari Thailand di semifinal SEA Games 2021. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jelas bukan perkara mudah untuk mencoba tetap bersabar. Apalagi sejatinya harapan menjadi juara telah dititipkan kepada Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Publik percaya Timnas Indonesia U-23 bisa meraih medali emas yang sudah terlalu lama gagal digenggam. Indonesia terakhir kali berada di podium tertinggi tahun 1991, di SEA Games Manila, Filipina.

Modalnya tentu bukan semata target meraih medali emas yang dipatok PSSI kepada Timnas Indonesia U-23. Tetapi lebih kepada materi pemain yang dibawa Shin Tae Yong ke SEA Games 2021.

Timnas Indonesia U-23 datang ke ajang ini dengan materi pemain yang terbilang mumpuni. Pemain-pemain alumnus Piala AFF 2020 jadi kerangka utama dalam racikan Shin Tae Yong.

Banner live streaming MotoGP 2022

Dari segi materi pemain, Timnas Indonesia U-23 jelas tidak kalah dari Thailand atau atau tuan rumah Vietnam. Bahkan jika dibandingkan dengan Malaysia yang akan jadi lawan dalam perebutan medali perunggu, tim Garuda Muda lebih unggul karena Harimau Muda datang tanpa memenuhi kuota tiga pemain di atas usia 23 tahun.



Persiapan tim dengan melakukan pemusatan latihan di luar negeri pun tidak menemui kendala berarti. Timnas Indonesia U-23 menyelesaikan TC di Korea Selatan dengan hasil satu kemenangan dan dua kali kalah dalam laga uji coba.

Persiapan Timnas Indonesia U-23 tergolong cukup mulus. Bahkan jauh lebih baik ketimbang Thailand yang dihadapkan pada masa persiapan yang mepet.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

Shin Tae Yong Tak Berkutik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER