Begini Penampakan Replika Mobil Balap Formula E Jakarta

CNN Indonesia
Kamis, 26 Mei 2022 18:39 WIB
Panitia penyelenggara Formula E Jakarta 2022 akan memamerkan mobil balap replika jelang balapan di Sirkuit Ancol, Sabtu (4/6) mendatang. Replika mobil Formula E dipamerkan jelang Formula E Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta 2022 akan memamerkan mobil balap replika jelang balapan di Sirkuit Ancol, Sabtu (4/6) mendatang.

Mobil balap tersebut adalah Gen 2 Formula E atau duplikat dari mobil balap yang akan digunakan di Formula E Jakarta pada pekan depan.

Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni mengatakan replika yang diboyong itu sebelumnya sempat digunakan balap. Namun kemudian 'dipensiunkan' sehingga sebagai unit replika.


"Mobil ini bekas balap dan sudah tidak dipakai lagi. Lalu menjadi unit replika yang dipamerkan ke khalayak ramai," kata Sahroni di bilangan Jakarta Timur, Kamis (26/5).

Mobil berteknologi ramah lingkungan ini disebut akan dipamerkan ke masyarakat. Salah satu tujuannya yakni sebagai sosialisasi guna lebih tahu tentang mobil balap Formula E.

Mobil replika elektrik Formula E Gen2 Evo saat diperkenalkan di Jakarta Internasional Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (26/5/2022). CNN Indonesia/Safir MakkiMobil replika elektrik Formula E Gen 2 Evo akan dipamerkan di Bundaran HI. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Menurut Sahroni panitia akan memajang replikan mobil balap Formula E itu di Bundaran HI saat hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD). Akan tetapi panitia masih mengurus perizinan pameran tersebut.

"Kami akan pamerkan pada akhir pekan ini secara umum sehingga yang penasaran dan belum ada bayangan terkait Formula E, inilah mobilnya," ungkap Sahroni.

"Rencana di Bundaran HI. Setelah izin keluar baru kami pajang," kata Sahroni menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

Ia melanjutkan mobil yang diboyong sebagai replika hanya akan ada satu unit dari Gen 2. Spesifikasi Gen 2 ini sama dengan yang nanti digunakan pada ajang balap pada Formula E di Jakarta.

Sementara itu Sahroni sedikit memberi informasi mengenai perbedaan Gen 2 dengan Gen 3 yang rencananya akan diluncurkan pada Oktober 2022.

"Gen 3-nya itu akan launching pada Oktober 2022 untuk seri balap 2023. Perbedaannya mayoritas pada teknologi diffuser angin saja ya. Soal kecepatan, bisa mencapai 240km per jam," kata Sahroni.



(ryh/sry)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER