Liverpool vs Real Madrid: Bahaya Lemah Letih Lesu The Reds

CNN Indonesia
Sabtu, 28 Mei 2022 06:00 WIB
Liverpool akan menghadapi Real Madrid dalam final Liga Champions setelah melewati musim yang padat. Liverpool melalui musim yang cukup baik sekaligus melelahkan. (AFP/LLUIS GENE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liverpool akan menghadapi Real Madrid dalam final Liga Champions setelah melewati musim yang padat.

The Reds tampil impresif pada musim 2021/2022. Sebelum tampil di partai puncak Liga Champions, anak asuh Jurgen Klopp itu tampil sebagai juara Piala FA dan Piala Liga. Liverpool juga baru menuntaskan Liga Inggris pada akhir pekan lalu dengan status hampir menjadi pemuncak klasemen.

Berbekal penampilan yang konsisten, Liverpool layak menjadi tim favorit di final. Di sisi lain Liverpool harus menghadapi bahaya laten keletihan.


Selain menuntaskan 38 pertandingan di Liga Inggris, Liverpool juga memainkan enam pertandingan Piala FA. Sementara di Piala Liga, Virgil Van Dijk dan kawan-kawan bermain enam kali. Khusus di Liga Champions, Liverpool sudah memainkan 12 pertandingan.

Liverpool total memainkan 62 pertandingan atau lebih banyak tujuh gim dibanding Madrid yang total memainkan 55 pertandingan selama semusim.

Dikutip dari Marca, pemain Liverpool terbanyak yang memainkan pertandingan adalah Jordan Henderson dengan 55 laga. Sementara secara menit bermain, pemain Liverpool yang paling banyak bermain adalah Alisson Becker yang bermain 4.770 menit.

Selain Alisson ada pula Trent Alexander-Arnold dan Virgil Van Dijk yang mengoleksi di atas 4.000 menit selama semusim ini. Sementara selain Henderson, ada Alisson, Van Dijk, Mohamed Salah, dan Sadio Mane yang bermain minimal 50 kali selama semusim.

Sementara di kubu Madrid hanya Thibaut Courtois dan Vinicius Jr. yang memiliki durasi bermain di atas 4.000 menit dan hanya kedua pemain itu pula yang bermain hingga menembus 50 kali selama semusim ini.

Masalah kelelahan pun tak dipungkiri Klopp beberapa waktu lalu. Beberapa pemain sempat berurusan dengan ruang perawatan.

Banner live streaming MotoGP 2022

"Kita tahu bahwa pesepak bola papan atas lebih banyak cedera. Ada semakin banyak pertandingan, itu tidak masuk akal."

"Memenangkan pertandingan dan mencetak gol adalah energi terbaik. Jika Anda pikir Anda lelah, Anda akan lelah, tetapi jika Anda mengabaikannya, maka Anda bisa bertahan lebih lama," jelas Klopp.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER