7 Pemain Timnas Indonesia Tak Libur Selama 145 Hari

CNN Indonesia
Sabtu, 28 Mei 2022 22:51 WIB
Kegiatan maraton Timnas Indonesia seusai Piala AFF 2020 (2021) membuat tujuh pemain tak pernah dapat jatah 'hari libur' nyaris selama 145 hari. Beberapa pemain Timnas Indonesia minim liburan karena rutin dipanggil Shin Tae Yong. (REUTERS/CHALINEE THIRASUPA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kegiatan maraton Timnas Indonesia seusai Piala AFF 2020 (2021) membuat tujuh pemain tak pernah dapat jatah 'hari libur' nyaris selama 145 hari.

Seusai Piala AFF 2020 pada 1 Januari 2022, segenap pemain Timnas Indonesia kembali ke klub masing-masing. Mereka harus berjibaku dalam kompetisi atas nama klub di akhir musim Liga 1.

Setelah laga terakhir Liga 1 2021/2022 pada 31 Maret 2022, panggilan datang lagi. Tepatnya pada 6 April, Shin Tae Yong merilis daftar nama pemain untuk pemusatan latihan di Korea Selatan.


Selama di Korea Selatan pemain menjalani latihan ekstra keras dan melakoni tiga pertandingan uji coba. Pemusatan latihan ini berakhir pada 27 April. Pemain lantas kembali ke Indonesia pada 28 April.

Setibanya di Indonesia pemain tak langsung dipulangkan. Mereka tetap berada di Jakarta untuk menjalani Idulfitri karena akan terbang ke Vietnam pada 3 Mei. Selama di Jakarta keluarga pemain diperkenankan datang.

Karena skuad Garuda lolos ke semifinal SEA Games 2021 (2022) dan harus tampil dalam perebutan medali perunggu pada 22 Mei, mereka baru pulang ke Tanah Air sehari setelahnya, yakni pada 23 Mei.

Sesampainya di Jakarta, tak semua pemain dipulangkan. Pasalnya pada 25 Mei PSSI merilis daftar pemain untuk pertandingan uji coba melawan Bangladesh sekaligus persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pemain lantas berkumpul pada 26 Mei dan langsung latihan ringan pada sore harinya. Sehari berlatih di Jakarta, pemain meluncur ke Bandung, Jawa Barat untuk persiapan melawan Bangladesh pada 1 Juni.

Dari rangkaian Piala AFF 2020, pemusatan latihan di Korea Selatan, SEA Games 2021, hingga persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023, ada tujuh pemain yang tak pernah absen dari panggilan Timnas.

Ketujuh pemain yang tidak pernah absen tersebut adalah Ernando Ari Sutaryadi, Fachrudin Aryanto, Rizki Ridho, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, dan Ricky Kambuaya.

Jika dihitung dari 1 Januari hingga 14 Juni nanti, artinya 145 hari tujuh pemain tak bisa libur seperti pemain lainnya. Jumlah itu makin panjang jika dihitung dari kick off Liga 1 pada 27 Agustus.

Banner live streaming MotoGP 2022

Sejatinya ada Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott yang juga selalu masuk daftar panggil. Namun kelimanya bisa absen karena sedang membela klub.

Mengenai jadwal padat dan tak ada 'hari libur' ini, Ernando hanya tersenyum saat ditanya CNNIndonesia.com. Kiper Persebaya ini tampak tetap bersemangat, meski mimik lelah terpajang di wajahnya.

Para pemain Timnas Indonesia ini baru bisa 'liburan' setelah Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada 14 Juni. Namun tetap tak bisa libur panjang sebab pramusim Liga 1 akan dimulai pertengahan Juni.

7 Pemain Timnas Tak Libur Selama 145 Hari:

1. Ernando Ari Sutaryadi
2. Fachruddin Aryanto
3. Rizky Ridho
4. Alfeandra Dewangga
5. Rachmat Irianto
6. Syahrian Abimanyu
7. Ricky Kambuaya

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER