Beda Mobil Formula E dan F1

CNN Indonesia
Senin, 30 Mei 2022 11:25 WIB
Mobil Formula E yang akan menggelar balapan di Jakarta relatif mirip dengan Formula One (F1). Lantas apa perbedaan mobil Formula E dengan F1? Replika mobil Formule E yang berada di Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil Formula E yang akan menggelar balapan di Jakarta, Sabtu (4/6), relatif mirip dengan Formula One (F1). Lantas apa perbedaan mobil Formula E dengan F1?

Secara penampilan mobil Formula E sangat mirip desain mirip mobil F1. Dimensi mobil Formula E Gen 2 yang dipakai saat pada 2022 ini memiliki bobot sekitar 900 kilogram (termasuk baterai 385 kg) punya panjang 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter.

Adapun dimensi mobil F1 hanya terpaut tipis. Mercedes-AMG F1 model W11 EQ Performance yang digunakan Lewis Hamilton misalnya, berdimensi 5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 950 milimeter. Mobil ini berbobot 746 kilogram.


Dari segi kecepatan, mobil listrik Formula E memiliki laju maksimum hingga 280 kilometer per jam. Ini lebih lambat sedikit dari F1 yang bisa melaju hingga kecepatan 300 kilometer per jam.

Akselerasi F1 juga masih lebih baik, yakni bisa melaju dari 0-100 kilometer per jam dalam 2,6 detik. Sedangkan mobil generasi kedua Formula E atau Gen2 bisa melaju dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 2,8 detik.

Jika F1 yang sudah eksis sejak 1950 menggunakan mesin konvensional, Formula E menggunakan tenaga listrik. Uniknya pembalap Formula E bisa menggunakan 'attack mode' untuk meningkatkan kecepatan di zona balapan tertentu.

Itu dari segi tampilan dan mesin balap, dari segi sistem dan format pun berbeda. Format Formula E misalnya hanya berlangsung sehari, dari mulai sesi latihan bebas satu dan dua, lantas kualifikasi, hingga balapan.

Adapun F1 menerapkan sesi balap di hari yang berbeda. Format balap F1 hampir mirip dengan MotoGP sebagai ajang balap motor roda dua dunia. Dari segi efisiensi, Formula E berlangsung lebih efisien dari F1.

Salah satu keunggulan Formula E yang diklaim tak dimiliki F1 adalah kebersihannya. Sebagai mobil tenaga listrik, Formula E dianggap lebih ramah lingkungan dibanding F1 yang masih menggunakan mesin tradisional dan menggunakan bahan bakar minyak.

[Gambas:Video CNN]

(abs/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER