Muncul Petisi Nama JIS Diganti Stadion MH Thamrin

CNN Indonesia
Rabu, 01 Jun 2022 11:52 WIB
Penggunaan nama Jakarta International Stadium (JIS) yang dianggap sebagai ikon DKI Jakarta diusulkan diganti menjadi Stadion MH Thamrin. Ilustrasi Jakarta International Stadium. (AFP/ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggunaan nama Jakarta International Stadium (JIS) yang dianggap sebagai ikon DKI Jakarta diusulkan diganti menjadi Stadion MH Thamrin.

Usulan penggantian nama JIS jadi Stadion MH Thamrin itu disampaikan sejarawan JJ Rizal lewat situs Change.org dengan judul 'Lebih Cocok Nama JIS Menjadi Stadion M.H. Thamrin!'

Dalam keterangan petisi tersebut, JJ Rizal menilai penamaan JIS melanggar UU no. 24/2009 karena menggunakan bahasa Inggris.

"Selain itu, nama 'JIS' sepertinya tidak dapat memacu semangat untuk memajukan persepakbolaan nasional karena tidak menggunakan nama tokok sejarah yang inspiratif," kata JJ Rizal.

JJ Rizal kemudian mencontohkan nama yang layak menggantikan JIS adalah Soeratin yang merupakan tokoh pendiri PSSI. Meski demikian ada juga nama lain yang dianggap lebih tepat, yaitu MH Thamrin.

"Thamrin adalah pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi, warga asli Jakarta. Lebih jauh lagi Thamrin pun bukan hanya pendiri bangsa yang gibol (gila bola), dalam arti doyan merumput, melainkan juga punya visi sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor kebangsaan," ucap JJ Rizal.

Jakarta International Stadium (JIS) menawarkan sensasi menonton pertandingan sepak bola yang berbeda dibanding stadion di Indonesia pada umumnya.Nama MH Thamrin dianggap lebih layak untuk JIS. (CNN Indonesia/ Abdul Susila)

Salah satu peran nyata MH Thamrin menurut JJ Rizal adalah, pahlawan nasional tersebut menggunakan posisinya sebagai Dewan Kota (Gementeraaden) dan Dewan Rakyat (Volksraad) memperjuangkan hak pesepakbola pribumi yang mendapat diskriminasi.

"Dari sini, ia membangun sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor kebangsaan, sehingga Jakarta jadi ibukota sepakbola kebangsaan Indonesia. Inilah warisan (legacy) Thamrin yang berharga dan khas, tapi terlupa," kata JJ Rizal.

[Gambas:Video CNN]

Bagi JJ Rizal dikutip dari detik.com, bangunan monumental harus diimbangi nama dari amal sejarah yang monumental dan tak kering-kering mengalirkan keteladanan bagi sepak bola serta kebangsaan Indonesia hari ini juga masa depan.

Sampai dengan berita ini dibuat, petisi yang dimunculkan pada Selasa (31/5) itu sudah ditandatangani 310 orang.



(sry/sry)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER