ANALISIS

Masih Mau Reshuffle Shin Tae Yong, PSSI?

Haryanto Tri Wibowo | CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 19:00 WIB
Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, sebuah prestasi yang diraih di bawah bayang-bayang ancaman reshuffle Shin Tae Yong oleh PSSI. Posisi Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia masih menjadi misteri. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 berkat tangan dingin Shin Tae Yong. Sebuah prestasi yang diraih di bawah bayang-bayang ancaman reshuffle Shin Tae Yong oleh PSSI.

Tanpa ampun Timnas Indonesia menghancurkan Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Butuh kemenangan untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai salah satu runner-up terbaik, Timnas Indonesia mengalahkan Nepal 7-0 lewat dua gol Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Saddil Ramdani, dan Marselino Ferdinan.

Sukses ini menandai kali pertama dalam 15 tahun terakhir Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia. Jika ditarik lebih belakang, maka untuk kali pertama dalam 19 tahun tim Garuda lolos ke Piala Asia lewat jalur kualifikasi.

Tidak mudah untuk bisa lolos ke Piala Asia 2023. Di atas kertas kekuatan Timnas Indonesia di bawah Yordania dan Kuwait. Tapi Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan mampu membalikkan prediksi dengan mengalahkan Kuwait 2-1.

Kemenangan atas Kuwait menjadi kunci sukses keberhasilan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023. Berkat kemenangan itu langkah Indonesia lolos ke putaran final menjadi lebih mudah.

Banner live streaming MotoGP 2022

Tapi hasil Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 tidak sepenuhnya membuat Shin Tae Yong puas. Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku menargetkan Indonesia meraih tujuh poin, hasil menang atas Kuwait dan Nepal serta imbang melawan Yordania.

Target ambisius itu membuktikan Shin Tae Yong memiliki sisi kompetitif yang luar biasa. Di saat Indonesia punya rekor buruk melawan tim Timur Tengah, Shin Tae Yong sejak awal memiliki target mengalahkan Kuwait, tim yang sebelumnya tidak pernah dikalahkan Indonesia sejak Oktober 1980.

"Dari awal saya sangat yakin Indonesia bisa lolos kualifikasi Piala Asia setelah terakhir lolos 2007 sebagai tuan rumah. Sebelum berangkat ke Kuwait kami menargetkan dua kali menang dan satu kali imbang lawan Yordania," ujar Shin Tae Yong usai mengalahkan Nepal.

Hebatnya lagi sukses diraih saat posisi mantan pelatih timnas Korea Selatan itu dalam ancaman diganti PSSI. Di tengah kesibukan Timnas Indonesia, di tengah usaha tim fokus lolos dari Kualifikasi Piala Asia 2023, PSSI memilih untuk mengungkapkan rencana mengganti Shin Tae Yong dari Timnas senior.

Prestasi Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia memang belum mengilap. Runner-up Piala AFF 2020 dan perunggu SEA Games 2021 bukan hasil yang memuaskan. Apalagi dengan status pelatih Piala Dunia yang dimiliki Shin.

Tapi sukses lolos ke Piala Asia 2023 tidak bisa dipandang sebelah mata. Sudah 19 tahun Indonesia tidak pernah lolos ke Piala Asia lewat jalur kualifikasi. Beberapa pelatih gagal melakukannya dan Shin sukses mengakhiri kutukan buruk itu.

Lalu apakah rencana PSSI untuk tetap me-reshuffle Shin Tae Yong dari Timnas Indonesia sudah tepat?

Bersambung ke halaman kedua >>>

Kompromi Shin Tae Yong dan PSSI

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER