Cerita Suporter Bakar Semangat Timnas Indonesia di Kuwait

CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 21:55 WIB
Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan mendapat dukungan dari suporter, meski tampil jauh dari tanah air. Timnas Indonesia dapat dukungan langsung dari suporter. (Arsip Asosiasi Suporter Indonesia Kuwait (ASIK))
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan mendapat dukungan dari suporter, meski tampil jauh dari tanah air.

Dalam laga melawan Nepal pada Selasa (14/6) malam atau Rabu (15/6) dini hari WIB, sekitar 500-an fans Garuda hadir Stadion Internasional Jaber Al Ahmed, Kuwait.

Mereka sudah tiba di stadion berkapasitas 60 ribu tempat duduk itu dua jam sebelum pertandingan. Fans datang dengan mengenakan atribut merah putih dan pernak-pernik khas suporter.

Begitu berada di dalam stadion, yel-yel langsung dikumandangkan. Ini sengaja mereka lakukan untuk membakar semangat juang Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan yang menjalani laga penentuan.

Suporter yang hadir tersebut adalah warga Indonesia yang bekerja dan tinggal di Kuwait. Mereka bahkan punya paguyuban, yakni Asosiasi Suporter Indonesia Kuwait (ASIK).

Turut hadir pula duta besar Indonesia di Kuwait, Lena Maryana. Lena membaur dengan suporter dan sangat antusias memberikan dukungan hingga haru menyaksikan Timnas lolos ke Piala Asia 2023.

Asosiasi Suporter Indonesia Kuwait  mendukung timnas Indonesia di laga penentuanSuporter Indonesia menyewa enam bus untuk datang ke Stadion Jaber Al Ahmad. (Arsip Asosiasi Suporter Indonesia Kuwait (ASIK))

Harga tiket pertandingan Timnas Indonesia versus Nepal adalah dua ribu dinar Kuwait atau setara Rp100 ribu. ASIK secara sukarela mengkoordinasi pembelian tiket dan menyewa hingga enam bus.

Koordinator ASIK, Wagiriyoso atau akrab disapa Wayos mengatakan mereka telah mempersiapkan dukungan sejak 25 Februari 2022. Ini dilakukan semata-mata demi Timnas Indonesia.

"Tiket kami beli online dan sebagian kita koordinir dengan membeli on the spot dari tim koordinator ASIK (asosiasi suporter indonesia kuwait) di depan stadion," kata Wagiriyoso.

Tak sia-sia, dukungan penuh cinta tersebut berbuah kemenangan. Timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal dan berhak melaju ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik.

"Alhamdulillah kami berkesempatan menjadi saksi langsung mengantarkan Timnas lolos ke Piala Asia 2023. Semoga harapan dari seluruh masyarakat Indonesia timnas bisa berprestasi," ujar pria asal Pati, Jawa Tengah ini.

Selepas pertandingan, pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia menghampiri tribun penonton. Pemain Timnas mengucapkan terima kasih atas dukungan dan mengabadikan momen tersebut.

"Pemain menghampiri tribun suporter setelah pertandingan. Dan ada beberapa pemain yang melemparkan jersey mereka ke kami," ucap Wagiriyoso mengisahkan.

[Gambas:Video CNN]



(abs/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER