Pernyataan Mengejutkan Kim Pan Gon Usai Malaysia Lolos ke Piala Asia

CNN Indonesia
Rabu, 15 Jun 2022 23:10 WIB
Pelatih asal Korea Selatan, Kim Pan Gon memilih untuk merendah usai membawa Malaysia lolos ke Piala Asia 2023. Kim Pan Gon membawa Malaysia lolos ke Piala Asia 2023. (AP/Kin Cheung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kim Pan Gon merendah dengan menyebut dirinya hanya pelatih 'kecil' usai membawa Malaysia lolos ke Piala Asia 2023.

Malaysia merebut tiket ke Piala Asia 2023 usai mengalahkan Bangladesh 4-1 pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (14/6) malam WIB. Hasil positif itu membuat Harimau Malaya lolos lewat jalur runner up terbaik.

Malaysia menempati posisi ketiga dalam daftar lima runner up terbaik. Pasukan Kim Pan Gon berada di bawah Kirgistan dan Timnas Indonesia.

Sukses Malaysia lolos ke Piala Asia 2023 jelas berkat tangan dingin Kim Pan Gon. Semakin spesial karena ia baru ditunjuk menukangi Malaysia pada 21 Januari lalu pascakegagalan di Piala AFF 2020.

"Saya pelatih 'kecil', saya datang ke sini bertanya kepada semua orang untuk membantu dan mendapatkan dukungan yang spesial dari tim Super League dan dengan FAM saya banyak menuntut. Saya pikir itu tidak mudah untuk mereka tetapi dia [Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin] mengupayakan yang terbaik untuk membuat semua itu terjadi," ujar Pan Gon dikutip dari Bernama.

"Seperti di pemusatan latihan ini, kami berkembang banyak dalam hal infrastruktur, kami mendapatkan yang terbaik. Saya tidak melakukan apa-apa, semua orang di sini melakukan pekerjaan yang baik," kata pelatih berusia 53 itu menambahkan.

Pan Gon tak lupa memberikan pujian kepada para pemainnya. Mantan pelatih timnas Hong Kong itu meyakini para pemain yang tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 akan semakin berkembang di masa depan.

"Saya bisa melihat banyak pemain potensial yang bagus, ini dilakukan oleh sepak bola Malaysia, bukan saya," kata Pan Gon.

Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 16 Juni-16 Juli 2023. Zona Asia Tenggara mengirimkan empat wakil yaitu Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER