Misha Zilberman, Atlet Israel yang Pernah Main di Indonesia

CNN Indonesia
Kamis, 23 Jun 2022 12:00 WIB
Indonesia pernah kedatangan atlet Israel, Misha Zilberman, pada Kejuaraan Dunia Badminton 2015 di Istora Senayan, Jakarta. Misha Zilberman, atlet Israel yang pernah main di Indonesia. (AFP/ALEXANDER NEMENOV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia pernah kedatangan atlet Israel, Misha Zilberman, pada Kejuaraan Dunia Badminton 2015 di Istora Senayan, Jakarta.

Zilberman memiliki hak tampil di Istora pada tujuh tahun silam, karena Israel masuk daftar negara yang berhak jadi peserta di Kejuaraan Dunia.

Hanya saja rencana Zilberman tampil di Istora Senayan tidak berjalan mulus lantaran tidak memiliki visa masuk Indonesia.


Indonesia yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel menjadi penyebab atlet kelahiran Moscow itu tidak bisa masuk Indonesia.

Tanpa visa masuk Indonesia, Zilberman hanya tertahan di Singapura. Kabar Indonesia tidak mengizinkan atlet Israel tampil di Jakarta itu ramai, tidak saja jadi konsumsi nasional, tetapi juga internasional.

Pihak Panpel Kejuaraan Dunia 2015 akhirnya turun tangan mengurusi visa Misha Zilberman setelah mendapat desakan dari BWF. Atlet 33 tahun itu akhirnya mendapatkan visa masuk Indonesia 11 jam sebelum tampil di Kejuaraan Dunia 2015.

"Masalahnya, kalau sampai pemain Israel itu tidak bisa main, Kejuaraan Dunianya dianggap tidak resmi. Jadi kami harus berusaha membuat dia bisa datang dan bertanding," ujar Ketua Panpel Kejuaraan Dunia 2015 Achmad Budiharto ketika itu.

Meski pada akhirnya Zilberman harus langsung angkat koper setelah kalah 14-21 dan 14-21 dari atlet Taiwan Hsu Jen Hao pada babak 32 besar. Kekalahan itu membuat Zilberman berkeluh-kesah lewat media sosial.

Kini Indonesia kembali berpeluang kedatangan atlet Israel setelah timnas mereka memiliki kans lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2023 mendatang.

Israel U-19 saat ini menduduki peringkat kedua klasemen Grup B di Piala Eropa U-19 2022 di Slovakia. Juara dan runner up grup akan otomatis lolos ke putaran final, satu tiket lain bisa diperebutkan lewat playoff dari dua tim peringkat tiga terbaik grup.

[Gambas:Video CNN]

(sry/har)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER