Lorenzo: Quartararo Hebat Saat Yamaha Buruk

ptr | CNN Indonesia
Jumat, 24 Jun 2022 06:00 WIB
Jorge Lorenzo menyebut hal yang paling menarik dari kehebatan Fabio Quartararo di MotoGP 2022 adalah perbedaan signifikan dengan pembalap Yamaha lain. Fabio Quartararo tampil gemilang dalam enam seri terakhir. (AFP/RONNY HARTMANN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jorge Lorenzo menyebut hal yang paling menarik dari kehebatan Fabio Quartararo di MotoGP 2022 adalah perbedaan signifikan dengan pembalap Yamaha lain.

Quartararo sangat dominan di MotoGP 2022, terutama bila merujuk dalam enam seri terakhir saat ia tiga kali juara dan dua kali jadi runner up. Keberhasilan itu membuatnya kini mengoleksi 172 poin, unggul 34 angka dari Aleix Espargaro yang ada di posisi kedua.

Menurut Lorenzo, hal terbaik dari keberhasilan Quartararo adalah ia mampu menarik keluar potensi Yamaha di saat pembalap Yamaha lain tak mampu melakukannya.


"Hal yang paling mengagumkan bagi saya terkait Quartararo adalah ia unggul jauh atas pembalap Yamaha lain. Dalam 20 tahun terakhir, sejauh saya ingat, Yamaha tidak pernah ada di posisi seburuk ini dalam hal daya saing motor, di luar performa Quartararo."

"Pembalap lain finis di jajaran posisi terakhir, namun Quartararo bisa memenangkan balapan dan memimpin klasemen," kata Lorenzo seperti dikutip dari AS.

Merujuk pengalaman Lorenzo, Yamaha selama ini selalu punya motor yang kompetitif bagi dua pembalap yang berada di paddock.

"Saya ada di Yamaha selama sembilan tahun dan setidaknya saya hampir selalu ada di posisi tiga besar setiap tahun. Yamaha sangat kompetitif, karena pembalap kedua pun bisa tampil sangat cepat, kecuali 2011 ketika kami kesulitan lawan Honda."

"Yamaha di era saya adalah sama-sama motor pemenang dengan dua pembalap yang berbeda dan kini ada perbedaan besar antara dua pembalap pabrikan," ungkap pria asal Spanyol tersebut.

Lorenzo lalu menilai Quartararo mirip dengan Casey Stoner saat di Ducati dan Marc Marquez ketika dalam kondisi terbaik bersama Honda.

Banner live streaming MotoGP 2022

"Quartararo mengingatkan saya pada Stoner ketika ia menang bersama Ducati dan pembalap lain tertinggal jauh di belakang atau juga saat Marquez bersama Honda," ucap Lorenzo.

Live streaming MotoGP Belanda, Minggu (26/6) bisa disaksikan di CNNIndonesia.com sedangkan siaran langsung di Trans7.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER