3 Pemain Indonesia Paling Sukses di Kejuaraan Dunia Badminton

ptr | CNN Indonesia
Jumat, 29 Jul 2022 14:06 WIB
Kejuaraan Dunia Badminton 2022 bakal digelar 21-28 Agustus mendatang. Berikut tiga pemain Indonesia paling sukses di Kejuaraan Dunia. Liliyana Natsir punya empat gelar juara dunia. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kejuaraan Dunia Badminton 2022 bakal digelar 21-28 Agustus mendatang. Berikut tiga pemain Indonesia paling sukses di Kejuaraan Dunia.

Indonesia sudah berhasil memiliki juara dunia sejak Kejuaraan Dunia pertama kali digelar pada 1977. Saat itu Tjun Tjun/Johan Wahjudi yang berhasil jadi juara.

Sejak saat itu, Indonesia terus memiliki juara dunia dari waktu ke waktu. Seiring waktu berlalu, ada sejumlah pemain yang mampu merebut lebih dari dua gelar juara dunia. Mereka pun jadi pebulutangkis Indonesia tersukses di Kejuaraan Dunia.

Berikut tiga pemain Indonesia paling sukses di Kejuaraan Dunia:

1. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir sukses merebut empat gelar juara dunia sepanjang kariernya. Bukan hanya empat gelar juara dunia, Liliyana juga mengoleksi satu medali perak dan dua medali perunggu.

Dua gelar juara dunia plus satu perak direbut Liliyana Natsir saat ia berpasangan dengan Nova Widianto. Sedangkan dua gelar juara dan dua medali perunggu lainnya ia menangkan ketika berpasangan dengan Tontowi Ahmad.

Bukan hanya jadi pebulutangkis paling sukses di Indonesia, Liliyana jadi pemain ganda campuran dengan gelar juara dunia terbanyak.

Indonesia's men's doubles pair of Markis Kido (L) and Hendra Setiawan acknowledge the crowd on the winners' podium after defeating South Korea's Jung Jae-Sung and Lee Yong-Dae in their final at the World Badminton Championships in Kuala Lumpur, 19 August 2007. The Indonesian pair won 21-19, 21-19.    AFP PHOTO/TENGKU BAHAR (Photo by TENGKU BAHAR / AFP)Hendra bersama Kido jadi juara dunia 2007. (AFP PHOTO/TENGKU BAHAR)

2. Hendra Setiawan

Hendra Setiawan adalah pebulutangkis Indonesia yang juga sukses merebut empat gelar juara dunia. Selain empat gelar juara dunia, Hendra juga punya satu medali perunggu ketika mengikuti ajang tersebut.

Satu gelar juara dunia didapat Hendra ketika berduet dengan Markis Kido pada 2007. Ketika itu Kido/Hendra mengalahkan Jung Jae Sung/Lee Yong Dae di babak final.

Sedangkan tiga gelar lainnya datang ketika berpasangan dengan Mohammad Ahsan. Duet Ahsan/Hendra tampil sebagai pemenang di edisi 2013, 2015, dan 2019. Dengan status Hendra masih aktif sebagai pemain dan akan ikut Kejuaraan Dunia 2022, Hendra berpeluang menjadi pebulutangkis Indonesia dengan gelar juara dunia terbanyak.

Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan berswafoto dengan menunjukan medali emas saat prosesi penyerahan medali pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Minggu (25/8/2019). Ahsan/Hendra menjadi juara dunia ganda putra usai menang atas ganda putra Jepang Takuro Hoki dan Yugo Kobayashi dengan skor 25-23, 9-21, 21-15. ANTARA FOTO/Hafidz MubarakMohammad Ahsan bisa meraih medali Kejuaraan Dunia bersama tiga pasangan yang berbeda.  (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

3. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan punya koleksi tiga gelar juara dunia dalam genggamannya. Kesemua gelar itu ia dapatkan ketika ia berduet dengan Hendra Setiawan. Duet Ahsan/Hendra juga jadi wakil Indonesia terakhir yang mampu merebut titel juara dunia.

Salah satu hal yang menarik dari Ahsan adalah ia bisa merebut medali Kejuaraan Dunia dengan tiga pasangan yang berbeda. Selain dengan Hendra, Ahsan pernah merebut perunggu Kejuaraan Dunia 2011 bersama Bona Septano.

Tak hanya itu, Ahsan juga punya medali perak Kejuaraan Dunia ketika berduet dengan Rian Agung di Kejuaraan Dunia 2017.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/sry)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER