Dovizioso Pensiun di Tengah Musim, Usai MotoGP San Marino 2022

jun | CNN Indonesia
Kamis, 04 Agu 2022 18:28 WIB
Andrea Dovizioso mengeluarkan pernyataan mengejutkan setelah memutuskan pensiun usai MotoGP San Marino 2022 di Sirkuit Misano pada 4 September mendatang. Andrea Dovizioso pensiun di tengah musim MotoGP 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Andrea Dovizioso mengeluarkan pernyataan mengejutkan setelah memutuskan pensiun usai MotoGP San Marino 2022 di Sirkuit Misano pada 4 September mendatang.

"Petualangan saya akan berakhir di Misano, tetapi hubungan dengan semua orang yang terlibat dalam tantangan ini akan tetap utuh selamanya. Terima kasih semua," ujar Dovizioso dikutip dari situs resmi MotoGP.

Dovizioso mengatakan alasan pensiun dari MotoGP di tengah musim 2022 sedang berjalan karena pembalap asal Italia itu sudah tidak merasa kompetitif untuk mengikuti balapan.

"Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir MotoGP telah banyak berubah. Saya tidak pernah merasa nyaman dengan motor [M1], dan saya belum bisa memaksimalkan potensinya meskipun ada bantuan yang berharga dan berkelanjutan dari tim dan seluruh Yamaha," ujar Dovizioso.

"Ketika ada begitu banyak kesulitan, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengelola situasi dan emosi Anda dengan baik. Kami tidak mencapai tujuan yang diinginkan, tetapi konsultasi dengan teknisi Yamaha dan tim saya selalu positif dan konstruktif, baik untuk mereka maupun untuk saya," sambung pembalap nomor 04 itu.

Setelah MotoGP San Marino masih akan ada enam balapan tersisa. Pihak Yamaha menunjuk pembalap tes, Cal Crutchlow, sebagai pengganti Dovizioso di tim RNF Yamaha pada sisa musim.

[Gambas:Video CNN]

"Andrea telah membuat keputusan untuk pensiun dan kami menghormati itu. Memang, kami sedih melihat pebalap hebat dan berpengalaman seperti Andrea meninggalkan kejuaraan dan tidak mengakhiri musim bersama kami," ujar bos RNF Yamaha Razlan Razali.

Sempat menjadi salah satu kandidat juara MotoGP saat masih memperkuat Ducati, Dovizioso terpuruk bersama RNF Yamaha musim ini. Dovizioso bahkan tidak pernah mampu menembus posisi 10 besar di MotoGP 2022.

Live streaming MotoGP Inggris 2022 bisa disaksikan di CNNIndonesia.com dan siaran langsung di Trans7.

(har/jun)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER