2 Kandidat Kuat Gantikan Robert Alberts di Persib

jun | CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 10:20 WIB
Posisi Robert Rene Alberts di kursi pelatih Persib Bandung tengah berada di ujung tanduk dan dua calon penggantinya bisa jadi opsi kuat. Miljan Radovic bisa jadi opsi terakhir untuk menggantikan Robert Rene Alberts. (CNNIndonesia/Huyogo Simbolon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Posisi Robert Rene Alberts di kursi pelatih Persib Bandung tengah berada di ujung tanduk. Sederet nama pun mulai bermunculan untuk menggantikan sang peracik taktik asal Belanda itu.

Robert Alberts sudah mendapat desakan pemecatan dari suporter Persib, Bobotoh, karena dianggap gagal mendongkrak performa klub Jawa Barat itu.

Alberts jadi sasaran kekesalan bobotoh lantaran Persib melempem di tiga pekan awal Liga 1 2022/2023. Maung Bandung hanya mengumpulkan satu poin dari tiga pertandingan.

Setelah imbang 2-2 lawan Bhayangkara FC di laga perdana, Pangeran Biru dua kali menelan kekalahan dari Madura United dan Borneo FC. Rentetan hasil buruk ini membuat Bobotoh meradang.

Pasalnya, komposisi pemain Persib cukup mentereng dan terbilang mumpuni untuk mengalahkan tim-tim elite Liga 1 2022. Ketidakjelasan taktik dari Robert Alberts diduga jadi masalah terbesar Maung Bandung musim ini.

Berikut 2 pelatih kandidat pengganti Robert Alberts:

Paul Munster

Munster bukan wajah baru di sepak bola Indonesia. Ia pernah menangani Bhayangkara FC selama dua musim. Meski belum berhasil mempersembahkan gelar, pelatih asal Irlandia itu selalu membawa The Guardian di empat besar klasemen akhir.

Pada 2019 ia membawa The Guardian ke peringkat keempat klasemen akhir, sedangkan musim 2021/2022 di peringkat ketiga.

Peluang Munster jadi pelatih baru Persib terbuka lebar karena saat ini ia sedang menganggur. Ia juga kedapatan sering memantau persaingan Liga 1 2022/2023, termasuk pertandingan Persib, di Instagram.

Direktur Teknik Bhayangkara FC, Yeyen Tumena dan Pelatih asal Irlandia, Paul Munster.Paul Munster jadi salah satu calon kuat pengganti Robert Rene Alberts. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)

Miljan Radovic

Hubungan Radovic dan Persib seakan belum benar-benar selesai. Berstatus sebagai mantan pemain kemudian pernah menjajaki karier sebagai pelatih di klub yang sama.

Akan tetapi, kariernya sebagai pelatih Persib pada 2019 dan tidak berumur panjang. Radovic dikontrak pada 9 Januari 2019 dan dipecat pada 3 Mei 2019.

Setelah pemecatan tersebut Radovic terus meningkatkan kapasitasnya dan dianggap mengalami perkembangan signifikan.

Pada musim 2020/2021 Radovic menangani FK Sutjeska Niksic dan menempati peringkat kedua Liga Montenegro. Ini membuat Sutjeska berhak tampil di babak kualifikasi Liga Europa.

Banner video highlights MotoGP 2022

Pada 27 September 2021, Radovic memutuskan melatih klub asal Montenegro lainnya, Decic. Meski masih terikat kontrak, pelatih berusia 46 tahun tersebut digadang-gadang mau menerima pinangan Persib.

Selain itu, Persib juga punya opsi mendatangkan kembali Mario Gomez. Ia juga melempar sinyal di media sosialnya kangen bobotoh. Namun, manajemen Persib kemungkinan enggan mendatangkan pelatih tersebut karena pernah gagal menghadirkan prestasi dengan skuad bertabur bintang, termasuk mendatangkan Michael Essien.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jun)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER