Ketua PSSI Soroti Insiden Lempar Botol ke Pemain Myanmar

jun | CNN Indonesia
Kamis, 11 Agu 2022 09:41 WIB
Ketua PSSI Mochamad Iriawan meminta suporter bersikap sportif kala Timnas Indonesia U-16 berhadapan dengan Vietnam di final Piala AFF U-16 2022. Ilustrasi suporter Timnas Indonesia. (CNNIndonesiia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua PSSI Mochamad Iriawan meminta suporter bersikap sportif kala Timnas Indonesia U-16 berhadapan dengan Vietnam di final Piala AFF U-16 2022.

Duel Indonesia vs Myanmar di final Piala AFF U-16 2022 akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Jumat (12/8). Kick off pertandingan akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Sebelumnya, Indonesia berhasil memastikan tiket ke final usai menyingkirkan Myanmar di semifinal lewat adu penalti 5-4 setelah bermain sama kuat 1-1 di waktu normal, Rabu (10/8).

Di tengah pertandingan, tepatnya di babak kedua, suporter Indonesia kedapatan melempar botol air mineral ke arah pemain Myanmar. Insiden serupa juga terjadi saat Indonesia melawan Vietnam di fase Grup A Piala AFF U-16 2022.

Iriawan meminta hal ini tidak terulang saat Indonesia vs Vietnam di partai final Piala AFF U-16 2022.

"Sangat disayangkan, harusnya para suporter tidak sepatutnya melemparkan botol air ke tempat pertandingan, karena kita harus juga melakukan yang sama dengan di luar negeri," kata Iriawan usai pertandingan.

"Kami mohon maaf ada suporter yang tidak terpuji ini tidak boleh terjadi lagi [lawan Vietnam], kita lihat anak-anak pada akhir laga memberi hormat kepada pemain Myanmar," sambungnya.

Diketahui, fan Indonesia sempat murka kepada skuad Vietnam U-19 yang diduga tampil tidak sportif saat menghadapi Thailand di babak penyisihan grup Piala AFF U-19 2022.

Kedua tim tampak sengaja mengulur-ulur waktu di 10 menit terakhir ketika tim bermain imbang 1-1. Sebab, hasil imbang tersebut membuat Indonesia U-19 tersingkir.

PSSI bahkan sempat menyurati AFF untuk menindaklanjuti dugaan permainan tidak sportif. Namun, AFF menyatakan tak ada pelanggaran yang terjadi pada laga Vietnam vs Thailand.

Federasi sepak bola Indonesia pun akhirnya menerima keputusan AFF dengan lapang dada. Jawaban resmi AFF sekaligus menutup rumor Indonesia pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) yang dihuni Jepang dan Korea Selatan.

[Gambas:Video CNN]

(jun/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER