Kronologi FIFA Bekukan Sepak Bola India

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 08:28 WIB
FIFA resmi membekukan Federasi Sepak Bola India (AIFF) pada Selasa (16/8) dan berikut kronologi FIFA membekukan sepak bola India. FIFA hukum Federasi Sepak Bola India. (AFP/OZAN KOSE)
Jakarta, CNN Indonesia --

FIFA resmi membekukan hak administratif Federasi Sepak Bola India (AIFF) pada Selasa (16/8). Berikut kronologi FIFA membekukan sepak bola India.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mengambil langkah tegas dengan menjatuhkan hukuman kepada AIFF setelah adanya campur tangan atau intervensi dari pihak ketiga terhadap 'rumah tangga AIFF' terkait proses pemilihan ketua umum. Hal ini dinilai FIFA merupakan pelanggaran serius terhadap statuta.

Pada awal Agustus, FIFA sudah memberikan peringatan kepada AIFF bahwa jika ada intervensi dari pihak ketiga maka federasi anggota bisa mendapatkan sanksi pembekuan seperti yang pernah dialami sejumlah negara.

Ancaman ini datang setelah Mahkamah Agung India meminta Komite Eksekutif AIFF menggelar pemilihan sesuai jadwal yang diusulkan oleh Komite Administrator (CoA), yang saat ini menjalankan urusan federasi sepak bola India.

Pemilihan akan diadakan pada tanggal 28 Agustus dan proses pemungutan suara akan dimulai pada tanggal 13 Agustus. Intervensi ini yang dinilai melanggar Statuta FIFA.

FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia AFC juga telah mengirim tim yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal AFC Windsor John untuk bertemu dengan para pemangku kepentingan sepak bola India dan menyerahkan peta jalan agar AIFF mengamandemen statuta mereka dan kemudian mengadakan pemilihan paling lambat 15 September.

[Gambas:Video CNN]


Namun karena pihak ketiga dalam hal ini CoA masih campur tangan pada rumah tangga AIFF maka FIFA akhirnya memutuskan menjatuhkan sanksi kepada sepak bola India dan mencabut hak tuan rumah India untuk menggelar Piala Dunia U-17 putri yang rencananya digelar pada bulan Oktober mendatang.

Kepastian itu didapat setelah FIFA menerbitkan pengumuman resmi lewat situs mereka yang menyebutkan bahwa FIFA telah membekukan AIFF, Selasa (16/8).

"Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India [AIFF] dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA," tulis FIFA dikutip dalam rilisnya.

"Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF. Penangguhan tersebut berarti bahwa Piala Dunia Wanita U-17 2022, yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022, saat ini tidak dapat diadakan di India seperti yang direncanakan," tulis FIFA menambahkan.



(rhr/rhr)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER