Kenapa FIFA Bekukan Sepak Bola India?

CNN Indonesia
Selasa, 16 Agu 2022 09:25 WIB
FIFA resmi membekukan Federasi Sepak Bola India (AIFF) pada Selasa (16/8) dan berikut alasan kenapa FIFA membekukan sepak bola India. Presiden FIFA Gianni Infantino jatuhkan sanksi untuk sepak bola India. (HECTOR RETAMAL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

FIFA resmi membekukan Federasi Sepak Bola India (AIFF) pada Selasa (16/8). Berikut alasan FIFA membekukan sepak bola India.

Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi menjatuhkan hukuman pembekuan kepada All India Football Federation (AIFF) pada Selasa (16/8).

Sanksi itu diberikan kepada sepak bola India karena AIFF melanggar statuta FIFA soal independensi setiap anggota. Sementara AIFF telah terbukti melanggar statuta FIFA karena adanya campur tangan dari pihak ketiga terhadap urusan AIFF dalam proses pemilihan ketua umum.

Pelanggaran itu terjadi setelah Mahkamah Agung India membubarkan pengurus AIFF pada Mei dan menunjuk Komite Administrator yang diisi tiga anggota untuk mengelola sementara tata kelola sepak bola India.

Pengadilan tinggi memutuskan hal tersebut setelah mantan Ketua Umum AIFF Praful Patel tetap menjabat di luar masa jabatannya tanpa pemilihan baru, yang diputuskan oleh pengadilan tidak sah.

Selain membentuk Komite Administrator, Mahkamah Agung India kemudian juga meminta Komite Eksekutif AIFF untuk menggelar pemilihan sesuai jadwal yang diusulkan oleh Komite Administrator (CoA). Intervensi dari pengadilan tinggi India ini dinilai melanggar Statuta FIFA.

Akhirnya FIFA menghukum AIFF dengan sanksi pembekuan yang diumumkan lewat situs resmi Badan Sepak Bola Dunia pada Selasa (16/8).

[Gambas:Video CNN]

"Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA," tulis FIFA dikutip dalam rilisnya di situs resmi.

"Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,," tulis FIFA menambahkan.

Penangguhan tersebut berarti membuat Piala Dunia Wanita U-17 2022 yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022 saat ini tidak dapat diadakan di India seperti yang direncanakan semula.



(rhr/rhr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER