Ketua PSSI: STY Sudah Finalisasi Calon Pemain Naturalisasi Timnas U-20

jun | CNN Indonesia
Minggu, 25 Sep 2022 21:42 WIB
PSSI akan mengirim delegasi ke Belanda untuk memastikan calon pemain naturalisasi yang diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia U-20. PSSI kirim delegasi ke Belanda untuk memastikan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20. (ANTARA FOTO/MOCH ASIM)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua PSSI Mochamad Iriawan menegaskan calon pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20 sudah final. Pihaknya akan segera melobi keluarga pemain di Belanda.

Iriawan mengatakan sudah menggelar pertemuan dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk membahas sederet agenda pasukan Garuda.

Persiapan Piala AFFF 2022 dan Piala Dunia 2023 jadi agenda yang dibahas PSSI bersama Shin Tae Yong dan staf pelatih. Hadir pula Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Salah satu yang menjadi agenda pembahasan kami adalah naturalisasi pemain U-20," kata Iriawan di Instagram pribadinya.

"Coach Shin telah memfinalkan nama-nama calon pemain naturalisasi berdasarkan perkembangan terakhir. Saya pun mendukung penuh dan telah menyetujui," sambungnya.

Sejalan dengan hal itu, PSSI sudah menginstruksikan delegasi untuk segera berangkat ke Belanda pekan ini untuk menemui para calon pemain dan keluarga mereka.

Delegasi PSSI juga ditugaskan memantau langsung pertandingan serta latihan para pemain untuk memastikan kualitas sesuai dengan standar yang dikehendaki Shin Tae Yong.

"Semua ini adalah bagian dari upaya kita bersama membuat timnas U-20 lebih kompetitif dan mengharumkan nama bangsa di ajang internasional seperti FIFA World Cup U-20. Bersama, kita bisa!" ujar Iriawan.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga menyebut sudah melaporkan rencana naturalisasi tujuh pemain kepada Presiden Joko Widodo dalam apat terbatas (ratas) persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/9).

Tanpa menyebutkan nama, Iriawan mengatakan semua pemain yang diajukan Shin saat ini menetap di Belanda.

"Kami juga melaporkan rencana naturalisasi. Ada tujuh pemain yang nanti akan kami naturalisasi. Tiga sudah kami komunikasi, sisanya akan kami jajaki. Ini keinginan pelatih, kami memfasilitasi," kata Iriawan.

Banner live streaming MotoGP 2022

Tujuh pemain yang akan dinaturalisasi itu tidak termasuk tiga pemain yang sedang diproses yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattinama. Ketiga pemain itu dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia senior.

Sebelum Piala AFF U-19 2022, Shin juga sempat memanggil tiga pemain berdarah Belanda. Mereka adalah Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel. Namun belakangan diketahui ketiganya dianggap tak memenuhi syarat.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jun)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER