Jalan Terjal Penuh Ganjalan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17

CNN Indonesia
Kamis, 29 Sep 2022 15:10 WIB
Timnas Indonesia U-17 bakal menghadapi laga-laga sulit di Kualifikasi Piala Asia U-17 yang akan berlangsung awal Oktober 2022. Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi lawan-lawan yang tak bisa diremehkan pada Kualifikasi Piala Asia U-17. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-17 bakal menghadapi laga-laga sulit di Kualifikasi Piala Asia U-17 yang akan berlangsung awal Oktober lantaran keberadaan tiga pesaing berat.

Bima Sakti sedang mempersiapkan Timnas Indonesia U-17 di Bogor sebelum menghadapi empat tamu di Stadion Pakansari. Guam, Uni Emirat Arab (UEA), Palestina, dan Malaysia bakal menjadi lawan Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan secara beruntun.

Selain Guam yang tak memiliki tradisi sepak bola apik di kawasan Asia, tiga negara lainnya berpotensi menyulitkan laju Indonesia ke putaran final Piala Asia U-17.

Guam diprediksi akan menjadi juru kunci Grup B dan poin serta gol melawan negara dari kawasan Mikronesia itu kemungkinan bakal tidak dianggap karena ada grup-grup lain yang hanya berisi empat negara.

Di atas kertas Indonesia bisa mengatasi Guam, yang menjadi permasalahan adalah tiga negara lain. Selepas melawan Guam, UEA bakal menjadi lawan yang 'sesungguhnya'.

UEA punya riwayat cukup apik di Piala Asia U-17. Meski tak selalu lolos putaran final, UEA bisa menembus babak gugur. Seperti menjadi runner up pada Piala Asia U-17 1990, menjadi semifinalis pada Piala Asia U-17 2008, dan melaju ke perempat final Piala Asia U-17 2002, 2010, dan 2016.

Ketika Piala Teluk U-17 masih rutin digelar hingga 2016, UEA pun menunjukkan daya saing menghadapi negara-negara seperti Arab Saudi dan Qatar.

Banner live streaming MotoGP 2022

Gaya main sepak bola fisik berpada bola-bola atas khas jazirah Arab bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Indonesia U-17. Selain dari UEA, gaya yang mirip juga akan dihadapi saat berhadapan dengan Palestina.

Salah satu negara Asia Barat itu belum pernah menembus putaran final Piala Asia U-17, namun itu bisa menjadi pelecut semangat menorehkan sejarah.

Malaysia yang akan dihadapi terakhir juga berpotensi memberi kejutan pahit bagi Timnas Indonesia U-17. Malaysia pernah lima kali menembus putaran final Piala Asia U-17. Pembinaan usia muda Negeri Jiran juga kerap menghasilkan skuad yang menjadi penghalang Indonesia meraih gelar atau capaian bergengsi di ajang kelompok umur.

Skuad Harimau Muda gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-17 pada Agustus lalu, namun bukan berarti Malaysia tak mau merengkuh hasil apik guna menghapus luka tersebut.

Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

3 Oktober 2022 Guam vs Indonesia
5 Oktober 2022 Indonesia vs Uni Emirat Arab
7 Oktober 2022 Palestina vs Indonesia
9 Oktober 2022 Indonesia vs Malaysia

[Gambas:Video CNN]

(nva/sry)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER