Pengamat: STY Seharusnya Tetap Bertugas di SEA Games 2023

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 20:50 WIB
Pengamat sepak bola nasional Supriyono berpendapat Shin Tae Yong sebaiknya tetap menangani Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Shin Tae Yong sudah menandatangani kontrak melatih Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengamat sepak bola nasional Supriyono berpendapat Shin Tae Yong sebaiknya tetap menangani Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023.

Menurutnya Shin sudah sepakat menangani berbagai kelompok umur sekaligus di Timnas Indonesia. Jadwal kompetisi yang berdekatan sudah menjadi tanggungjawab pelatih asal Korea Selatan itu.

"Seharusnya memang tetap dia saja ketika sudah ditunjuk menangani berbagai kelompok usia. Dia juga sudah tahu siapa sosok yang siap jika harus mencari sosok lain untuk menangani SEA Games. Nantinya dia harus tetap pantau terus menerima laporan," kata Supriyono kepada CNNIndonesia.com.

Menurutnya, performa Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin sudah bergerak ke arah yang benar. Ia khawatir jika pelatih diganti untuk satu turnamen maka hasil yang dipetik tidak sesuai harapan.

"Timnas sudah ada di jalur yang benar, takutnya kalau dilatih di luar Shin Tae Yong bakal lebih sulit. Hanya satu ekspektasi kita untuk dapat medali emas SEA Games yang sudah lama tidak diraih, dari 1991 kan," ujarnya.

Ia menyebut Bima Sakti paling pantas mengganti Shin sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 seandainya pelatih asal Korea Selatan itu benar-benar harus melimpahkan tugas.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu berpendapat, Bima Sakti punya kapasitas yang cukup untuk promosi ke kelompok umur yang lebih tinggi. Pengalaman menjadi asisten Luis Milla selama 18 bulan dan gelar Piala AFF U-16 2022 menjadi dua alasannya.

"Kalau saya bukan karena Bima Sakti kawan saya, kapten saya, teman sekamar [di Timnas Indonesia], bukan. Tapi dari tiga nama itu saya condong ke coach Bima. Dia sudah pernah jadi asisten Luis Milla, terus juara dengan Timnas U-16," ucapnya.

Banner live streaming MotoGP 2022

Sebelumnya, PSSI berencana mencari pelatih baru untuk mengisi posisi di Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2023 di Kamboja.

SEA Games 2023 akan berlangsung pada 5-16 Mei. Empat hari setelah penyelenggaraan, ada Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Shin Tae Yong dinilai akan terlampau sibuk jika menangani Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Indonesia U-20 sekaligus.

[Gambas:Video CNN]



(ikh/nva)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER