Round Up Tragedi Kanjuruhan: TGIPF Dibentuk, Investigasi Dimulai

CNN Indonesia
Selasa, 04 Okt 2022 06:41 WIB
Terdapat sejumlah perkembangan dalam penanganan tragedi Kanjuruhan di antaranya pembentukan TGIPF dan dimulainya investigasi. TGIPF mulai bekerja usut tuntas tragedi Kanjuruhan. (REUTERS/STRINGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terdapat sejumlah perkembangan dalam penanganan tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang di antaranya pembentukan TGIPF dan dimulainya investigasi.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD telah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta atau TGIPF Tragedi Kanjuruhan Malang.

Mahfud mengatakan tim akan dipimpin oleh dirinya. Kemudian wakil ketua TGIPF dijabat oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali dan sekretaris TGIPF dijabat oleh mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum Nur Rochmad.

"Nama-nama pimpinan dan anggota TGIPF yang sudah dilaporkan ke presiden dan disetujui," kata Mahfud dalam jumpa pers, Senin (3/10).

Sementara anggota TGIPF antara lain, Akademisi Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sumaryanto, Pengamat Sepak Bola Akmal Marhali, Jurnalis Kompas Anton Sanjoyo, mantan Pengurus PSSI Nugroho Setiawan.

Kemudian mantan Kepala BNPB Doni Mornardo, Wakil Ketua Umum 1 KONI Mayjen (Purn) Suwarno, Mantwan Wakapolda Kalimantan Barat Irjen (Purn) Sri Handayani, mantan Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif, dan mantan pemain Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto.

"Tugasnya akan diselesaikan atau kira-kira selesai dalam dua pekan ke depan," kata Mahfud.

[Gambas:Video CNN]


Di samping itu Mahfud MD juga meminta kepada Menpora segera memanggil PSSI dan pemilik klub Liga Indonesia untuk melakukan evaluasi total menyusul tragedi Kanjuruhan.

Menpora supaya secepatnya undang PSSI pemilik klub serta panpel daerah yang terkait untuk memastikan tegaknya aturan dalam pelaksanaan aturan baik yang dibuat FIFA maupun aturan UU kita sebagai bagian evaluasi total," ucap Mahfud MD dalam konferensi pers, Senin (3/10).

Selain memberi arahan kepada Menpora, Mahfud MD juga meminta kepada PSSI untuk melakukan pembenahan secara internal.

"Kepada PSSI. Melakukan tindakan ke dalam secepatnya. Agar PSSI bisa dikendalikan secara baik," ucap Mahfud MD.

Banner live streaming MotoGP 2022

Di sisi lain, akibat tragedi Kanjuruhan PT Liga Indonesia Baru juga memutuskan untuk memberhentikan Liga 2 2022/2023 selama dua pekan.

Keputusan itu sudah disampaikan PT LIB kepada seluruh tim peserta Liga 2 2022/2023 melalui surat per tanggal 3 Oktober 2022.

Selain itu PT LIB juga memutuskan untuk memberhentikan Liga 1 2022/2023 sampai batas waktu yang belum ditentukan.



(rhr/nva)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER