Tenang Sebelum Tragedi Kanjuruhan

jun | CNN Indonesia
Kamis, 06 Okt 2022 17:04 WIB
Tak ada yang menduga sebelumnya bahwa suasana ramai dan kondusif jelang Arema vs Persebaya berujung tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10). Tragedi Kanjuruhan memakan korban ratusan jiwa. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Malang, CNN Indonesia --

Hujan rintik masih turun saat Elmiati bersama anak dan suaminya tiba di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (1/10). Ia tiba di stadion sekitar satu jam menjelang laga.

Kondisi hujan rintik dan ada pertandingan Arema FC versus Persebaya dalam Liga 1 2022/2023, membuat jalanan menuju Kanjuruhan ramai. Kondisi lalu lintas di Kepanjen, Kabupaten Malang, cukup ramai meski lancar.

Menjelang pintu masuk gerbang utama Stadion Kanjuruhan, lalu lintas macet. Banyak penonton sudah tiba dan masih berusaha masuk. Pada saat yang sama polisi dan TNI sudah tampak di sekitar stadion.

Berdasarkan keterangan Polres Malang, jumlah personel keamanan yang diterjunkan dalam pertandingan ini adalah 2.034 orang. Ini jumlah yang relatif besar dibanding laga-laga sebelumnya yang tidak termasuk big match.

Elmiati tidak mengamati secara jelas kondisi di sekitar stadion. Namun wanita 33 tahun ini melihat banyak pagar besi terpasang sejak pintu masuk. Barikade pagar besi tersebut memanjang hingga pintu masuk VIP.

"Kondisi ya ramai. Banyak yang mau masuk. Tidak ada masalah pas mau masuk. Polisi juga banyak yang berjaga," kata Elmiati soal kondisi pengamanan di sekitar stadion menjelang pertandingan yang menelan ratusan korban jiwa itu.

Agus Babon, Aremania asal Kota Malang juga menjelaskan hal serupa. Menurutnya, proses pengamanan berjalan dengan lancar sebelum pertandingan. Ia dan rekan-rekannya bisa masuk dengan lancar karena sudah punya tiket.

Banner live streaming MotoGP 2022

Begitu masuk ke dalam tribune stadion, kondisi memang ramai dan penuh. Satu jam menjelang pertandingan, tribune sudah penuh. Tidak hanya tribune duduk, tribune berdiri juga penuh oleh Aremania yang hadir.

"Ya, lawannya Persebaya pasti ramai. Saya itu masuk setengah jam sebelum pertandingan dan ramai. Kondisi kondusif, tapi saya keluar lagi saat jeda babak pertama. Ada banyak memang yang tidak masuk ke tribune," katanya.

Wartawan yang biasa meliput pertandingan Arema FC, Ian Setiawan melihat kondisi stadion sangat penuh. Menurutnya ini pemandangan yang wajar setiap Arema menggelar pertandingan besar seperti melawan Persib, Persebaya, dan Persija.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikutnya>>>

Kelebihan Kapasitas Stadion Kanjuruhan Masih Polemik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER