TC Timnas Indonesia U-20 Selesai, Asisten STY Soroti Mental Pemain

ikw | CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 16:08 WIB
Asisten pelatih Timnas Indonesia U-20 Nova Arianto menyoroti mental pemain usai menjalani pemusatan latihan (TC) di Eropa. Asisten Timnas Indonesia U-20 Nova Arianto memberi catatan kepada para pemain usai TC di Eropa. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-20 Nova Arianto menyoroti mental pemain usai menjalani pemusatan latihan (TC) di Eropa.

"Akhirnya selesai sudah Training Center di sini dan semakin tahu kekurangan tim ini di mana dan kami bisa menilai kesiapan tim ini apabila dibandingkan dengan calon lawan kita di Piala Dunia," kata Nova di Instagram.

Mantan pemain Timnas Indonesia itu meminta Ronaldo Kwateh dan rekan-rekan tidak menganggap sepele TC di Eropa. Sebab segala program yang disusun adalah bekal untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

"Pemain harus punya mental kuat dan pemain harus punya tanggung jawab untuk bermain di Tim Nasional karena Tim Nasional bukan tempat untuk main-main, buat pemain yg tidak punya MENTAL kuat dan tidak punya MENTAL untuk bersaing dengan lainnya pastinya akan hilang dengan sendirinya," ujar Nova.

Shin Tae Yong membawa 35 pemain dalam TC di Eropa. Pelatih asal Korea Selatan itu menjadwalkan TC di Benua Biru selama dua bulan dari Oktober hingga Desember.

Timnas U-20 memulai TC di Turki pada 16 Oktober dan rampung pada 13 November lalu. Skuad Garuda Nusantara mencatat rapor yang cukup impresif di Turki karena hanya menelan satu kekalahan dari empat pertandingan yang dijalani.

Kemudian di Spanyol, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan menjalani pemusatan latihan sekaligus melakoni empat laga persahabatan. Timnas U-20 menghadapi Slovakia U-20, Prancis U-20, Valerenga FC U-20, dan Malaga U-19.

Dari empat laga tersebut, Timnas U-20 menelan tiga kekalahan dan satu kali imbang. Meski begitu, Nova tetap mengapresiasi kerja keras seluruh pemain dan staf pelatih Timnas U-20.

"Terima kasih kerja keras pemain dan staff selama TC kali ini sukses bersama klub kalian masing-masing dan sampai bertemu di periode TC selanjutnya," tulis Nova.

"Selanjutnya coaching staff akan langsung melanjutkan perjalanan dengan mempersiapkan Timnas senior untuk ajang terdekat AFF Mitsubishi Cup, selalu sehat dan semangat coach untuk sepak bola Indonesia," lanjut Nova.

[Gambas:Video CNN]



(ikw/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER