Netizen Soal GBK Dipakai Relawan Jokowi: Katanya untuk Piala Dunia

CNN Indonesia
Minggu, 27 Nov 2022 06:09 WIB
Netizen mempertanyakan konsistensi penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk Piala Dunia U-20 2023 setelah dipakai relawan Joko Widodo, Sabtu (26/11). Relawan Jokowi gelar acara Nusantara Bersatu di GBK, Sabtu (26/11). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Netizen mempertanyakan konsistensi penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk Piala Dunia U-20 2023 setelah dipakai relawan Joko Widodo, Sabtu (26/11).

Relawan Jokowi menggunakan SUGBK dalam acara Nusantara Bersatu. Kegiatan tersebut trending di Twitter karena penggunaan stadion itu yang kontroversial.

Dalam beberapa pekan terakhir SUGBK jadi sorotan karena tidak bisa jadi kandang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 dan juga venue konser Blackpink.

Hal tersebut karena terdapat kesepakatan Stadion Gelora Bung Karno yang jadi salah satu venue untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang. SUGBK disebut tidak boleh dipakai selama 6 bulan jelang Piala Dunia U-20 yang dimulai pada 20 Mei 2023.

Akan tetapi, acara relawan Jokowi pada 26 November yang sudah masuk dalam periode '6 bulan itu' membuat konsistensi kesepakatan itu jadi kontroversial.

Netizen pun meramaikan 'Katanya GBK' di Twitter sebagai bahan kritik penggunaan GBK untuk acara relawan Jokowi.

"Konon katanya, Stadion GBK tidak boleh digunakan untuk apapun hingga Piala Dunia U-20 2023," ucap seorang netizen di Twitter.

"Katanya GBK gak boleh dipake. Buat aturan sendiri, langgar sendiri. Sehat selalu warga Indonesia," ucap warganet lainnya.

"Katanya GBK harus steril, sampai untuk keperluan AFF dan konser lain saja gak dibolehin. Taunya ....." kata seorang netizen.

"Katanya GBK gak boleh di pake sampe AFF sama Piala Dunia U-20 gimana nih," ucap seorang netizen.

Pernyataan SUGBK tidak bisa digunakan untuk Piala AFF 2022 dan konser Blackpink disampaikan Menpora Zainudin Amali.

Pada 10 November lalu, setelah pengelola GBK datang ke kantornya, Amali mengatakan GBK tak boleh digunakan untuk kegiatan apapun sebelum Piala Dunia. Jika tetap digunakan ia akan lepas tangan.

"Iya [tergantung FIFA untuk Piala AFF dan lainnya]. Kalau ditanya ke saya, karena saya menjamin itu, maka tidak. Jika FIFA mengatakan 'oh, iya silakan', tetapi saya tidak menjamin lagi," kata Amali.

"Jadi, semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan itu sudah disetujui oleh FIFA, November ini akan mulai direnovasi," kata dia awal November lalu.

Mengenai hal ini pusat pengelolaan Gelora Bung Karno (PPKGBK) beralasan aturan FIFA menyebutkan stadion Piala Dunia U-20 2023 tak boleh digunakan 14 hari sebelum waktu kick off, bukan enam bulan.

Untuk kepastian ini Direktur Utama PPGBK Rakhmadi Afif akan bersurat ke FIFA. Namun hingga kini belum diketahui apa hasil dari korespondensi tersebut telah membuat hasil atau belum.

"Sepulangnya dari sini [Kemenpora] kami akan langsung berkomunikasi, baik via telepon dan segala macam dan nantinya akan kami siapkan suratnya," kata Rakhmadi pada 10 November lalu.

[Gambas:Video CNN]



(sry/rhr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER