Jepang Fantastis, 2 Wakil Asia Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

jun | CNN Indonesia
Jumat, 02 Des 2022 06:02 WIB
Jepang sukses mengikuti jejak Australia sebagai dua tim Asia yang berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Jepang perkasa di fase grup usai menaklukkan dua tim raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol. (REUTERS/KIM HONG-JI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jepang sukses mengikuti jejak Australia sebagai dua tim Asia yang berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Jepang memastikan lolos ke fase knockout usai mengalahkan Spanyol 2-1 pada laga penentu Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Sempat tertinggal di babak pertama lewat gol Alvaro Morata, Jepang mampu bangkit di babak kedua dan berhasil mencetak dua gol balasan melalui Ritsu Doan (48') dan Ao Tanaka (51').

Tim Samurai Biru benar-benar membuat kejutan besar di Piala Dunia edisi kali ini. Sebab, Jepang sebelumnya juga sukses menaklukkan Jerman 2-1 pada matchday pertama Grup E.

Satu-satunya kekalahan yang dialami Jepang justru terjadi saat menghadapi tim nonunggulan, Kosta Rika. Meski tampil dominan, Jepang harus rela kalah 0-1 di pengujung laga.

Dua kemenangan yang diraih membuat Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E dengan enam poin. Sementara Spanyol menyegel status runner up karena unggul selisih gol atas Jerman yang sama-sama mengemas empat angka.

Sebelumnya, Australia lebih dulu memastikan lolos ke 16 besar setelah sukses menaklukkan Denmark 1-0 pada laga penentu Grup D. The Socceroos menyandang status runner up dan berhak mendampingi Belanda ke fase knock out.

Dengan demikian, Australia dan Jepang sejauh ini menjadi wakil Asia yang berhasil melenggang ke fase Piala Dunia 2022. Selanjutnya, Jepang akan menghadapi Kroasia sementara Australia akan bertemu Argentina di 16 besar.

[Gambas:Video CNN]

(jun/sry)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER