Jepang Spektakuler: Gulung 2 Juara Dunia di Grup Neraka

CNN Indonesia
Jumat, 02 Des 2022 06:45 WIB
Jepang menjadi pasukan Asia terkuat karena bisa mengalahkan dua juara dunia yaitu Jerman dan Spanyol di fase grup Piala Dunia 2022. Jepang lolos ke 16 besar dari grup neraka yang berisikan Spanyol dan Jerman di Piala Dunia 2022. (REUTERS/JENNIFER LORENZINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Jepang mencatatkan performa luar biasa untuk menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022. Samurai Biru sukses mengalahkan dua juara dunia untuk bisa mencapai babak knock out: Jerman dan Spanyol.

Kepastian Jepang lolos usai tampil ciamik di laga penentuan Grup E yang dinilai sebagai grup neraka. Jepang sukses menggebuk Spanyol dengan skor 2-1, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Tim matahari terbit itu menjadi pasukan Asia terkuat karena bisa mengalahkan dua juara dunia yaitu Jerman pada laga pembuka dengan skor 2-1, lalu menutup kemenangan sebagai juara grup usai melumat Spanyol dengan skor 2-1.

Kemenangan atas timnas Spanyol ini membuat Jepang memuncaki klasemen dengan mengantongi enam poin dari tiga pertandingan yakni dua kali menang dan sekali kalah atas Kosta Rika. Runner up di Grup E diduduki oleh Spanyol dengan total nilai empat poin.

Spanyol unggul selisih gol dibandingkan dengan Jerman yang mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2.

Beberapa tim yang sudah memastikan tiket di babak 16 besar adalah Belanda sebagai juara grup A dan Senegal sebagai runner up. Grup B ada Inggris dan Amerika Serikat.

Di Grup C Argentina memuncaki klasemen berdampingan dengan Polandia sebagai runner up. Sementara itu Grup D sudah ada Prancis di puncak klasemen dengan runner up Australia. 

Sementara di Grup F sudah ada Monako yang menjadi juara grup yang ditemani Kroasia. Sedangkan di Grup H sementara Portugal memimpin dengan dua kemenangan dan Ghana di posisi kedua dengan tiga poin.

Di babak 16 besar, Jepang akan berjumpa dengan Kroasia yang menjadi runner up Grup F. Adapun Spanyol berjumpa dengan juara Grup F, Maroko.

Di sisi lain, laga malam tadi boleh jadi bakal jadi malam menyakitkan untuk Jerman. Ini merupakan momen dua kali beruntun mereka tersingkir di Piala Dunia, khususnya dari fase grup.

Jerman juga mengalami nasib serupa pada Piala Dunia 2018. Situasi ini dinilai menyakitkan, mengingat Jerman yang telah memiliki empat trofi Piala Dunia sepanjang sejarah.

[Gambas:Video CNN]



(ain/ain)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER