Rahasia Kroasia Mentahkan Tiga Penalti Jepang di Babak 16 Besar

CNN Indonesia
Selasa, 06 Des 2022 11:47 WIB
Pelatih Kroasia, Zlatco Dalic membongkar rahasia kepercayaan diri Livakovic dalam drama adu penalti melawan Jepang. Penjaga gawang Kroasia, Dominic Livakovic tampil piawai mementahkan tiga penalti jepang, mengantarkan Kroasia ke perempat final Piala Dunia 2022. (REUTERS/MATTHEW CHILDS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Kroasia, Zlatco Dalic tak segan memuji penjaga gawang Dominic Livakovic yang menjadi pahlawan dalam drama adu penalti yang mengantarkan Kroasia ke babak 8 besar Piala Dunia usai menyingkirkan Jepang, Selasa (6/12) dini hari WIB.

Livakovic jadi sorotan di Stadion Al Janoub, Al Wakrah. Pilar Dinamo Zagreb menggagalkan eksekusi tiga penendang penalti Jepang. Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida dibuat gigit jari.

Dalic mengakui bahwa kepiawaian Livakovic di bawah mistar gawang akan membuatnya terus bersinar.

"Kami memiliki kiper yang fantastis. Dia tampil hebat. Menyelamatkan setiap penalti dengan cara yang sangat kuat dan stabil,' kata pelatih berusia 56 tahun itu, dikutip Daily Mail, pascalaga.

Dalic pun membongkar rahasia kepercayaan diri Livakovic dalam drama adu penalti. Sehari jelang laga, Livakovic melahap menu latihan khusus penalti, semata-mata menyiapkan skenario yang ternyata terjadi pada malam tadi.

"Kami khusus berlatih penalti kemarin. Dia melakukan beberapa penyelamatan. Ketika dia melakukan adu penalti hari ini, maka saya yakin, dia memasang kepercayaan diri yang besar," ujar Dalic.

"Saya yakin dia menunjukkan kapasitasnya hari ini."

Dilansir dari Opta, Livakovic jadi penjaga gawang ketiga yang berhasil menggagalkan tiga tendangan penalti dalam drama adu penalti.

Ia mengikuti jejak seniornya Danijel Subasic saat melawan Denmark di Piala Dunia 2018 dan kiper Portugal, Ricardo di Piala Dunia 2006.

Dalic dalam kesempatan itu juga merespons keseluruhan penampilan anak-anak asuhnya melawan tim Samurai Biru.

Dalic mengakui timnya tak tampil dengan mendominasi pertandingan. Tapi dia menegaskan motivasi yang tinggi telah diberikan Luka Modric dan kawan-kawan pada laga tersebut.

"Orang Jepang mungkin meremehkan kita, jangan pernah melakukan itu ke Kroasia. Kami adalah bangsa kecil tapi kami berjuang untuk apa yang kami inginkan," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ain/ptr)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER