3 Senjata Belanda Bungkam Argentina di 8 Besar Piala Dunia 2022

CNN Indonesia
Jumat, 09 Des 2022 15:28 WIB
Belanda berpotensi membungkam Argentina saat bertemu pada perempat final Piala Dunia 2022 dengan tiga senjata. Cody Gakpo akan menjadi salah satu senjata Belanda melawan Argentina. (REUTERS/ALBERT GEA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Belanda akan menghadapi salah satu kandidat juara Piala Dunia 2022, Argentina. Berikut ini tiga senjata Belanda untuk membungkam Argentina di perempat final Piala Dunia 2022.

Belanda melaju ke babak 8 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-1. Sebelum itu tim asuhan Louis van Gaal ini menjuarai Grup A dengan poin tujuh.

Adapun Argentina lolos ke perempat final seusai menumpas Australia. Sebelumnya tim asuhan Lionel Scaloni menjadi juara Grup C meski kalah dari Arab Saudi pada laga pembuka.

Pertemuan Belanda dan Argentina bakal menyajikan duel yang sangat menarik karena kedua tim punya dua kutub permainan berbeda. Argentina progresif, sedangkan Belanda pragmatis.

Berikut ini tiga senjata Belanda untuk mengalahkan Argentina saat duel di 8 besar Piala Dunia 2022 malam ini:

1. Serangan Balik Dumfries

Permainan Belanda di Piala Dunia 2022 sangat jauh dari filosofi Total Football. Van Gaal memilih menerapkan sepak bola pragmatis yang mengandalkan serangan balik.

Dengan memasang tiga bek sejajar, dua bek sayap ditugaskan menjadi pelontar. Dalam pola ini Denzel Dumfries menjadi alat efektif. Pemain Inter Milan ini menjadi pemain paling sering sprint.

Pada pertandingan melawan Amerika Serikat misalnya Dumfries melesakkan satu gol dan menyumbang dua assist. Selain itu Dumfries juga telaten dalam situasi bertahan.

2. Umpan Silang Gakpo

Tampil gemilang bersama PSV Eindhoven sejak musim 2021/2022, yakni melesakkan 21 gol dari 47 laga dan musim ini sudah mengoleksi 13 gol dari 24 laga, membuat Van Gaal jatuh hati pada Gakpo.

Pemain 23 tahun ini ditempatkan Van Gaal sebagai winger. Kecepatan dan keandalan menyelesaikan peluang membuat Gakpo eksplosif. Sejauh ini ia sudah melesakkan tiga gol.

[Gambas:Video CNN]

Sebagai penyerang sayap, statistik Gakpo juga menonjol. Ia menjadi pemain dengan jumlah umpan silang terbanyak, 24 kali. Karenanya Gakpo akan jadi ancaman serius Argentina.

3. Agresivitas Nathan Ake

Dalam formasi tiga bek, pemain pilihan Van Gaal menjaga pertahanan Belanda adalah Jurrien Timber, Virgil van Dijk, dan Nathan Ake. Adapun Daley Blind bertugas sebagai gelandang bertahan.

Menghadapi tim-tim yang mengandalkan penyerang cepat, Van Gaal menugaskan Ake menjadi pengawal. Dalam posisi itu, Van Dijk mengawasi dan melakukan pengawasan jika Ake dilewati.

Pola ini cukup berhasil. Sejauh ini Belanda jadi tim dengan jumlah kebobolan paling minim bersama Brasil, yakni hanya dua. Tak menutup kemungkinan Ake akan ditugasi menumpas Lionel Messi.

(abs/har)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER