Pemilik Motor Listrik Diimbau Tak Asal Perbaiki Baterai Sendiri

CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 09:00 WIB
Menyusul insiden motor listrik Viar Q1 milik Grab yang terbakar diduga karena modifikasi baterai, konsumen diimbau tak memperbaiki baterai sendiri. Menyusul insiden motor listrik Viar Q1 milik Grab yang terbakar diduga karena modifikasi baterai, konsumen diimbau tak memperbaiki baterai sendiri. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Viar Motor Indonesia mengimbau pemilik motor listrik Q1 tak sembarangan membongkar baterai. Hal ini dikhawatirkan menimbulkan kebakaran seperti insiden yang terjadi beberapa waktu lalu.

Hal ini menyusul hasil investigasi kebakaran Q1 milik Grab yang dioperasikan sebagai ojek online. Menurut Viar motor yang terbakar itu telah dilakukan perbaikan atau modifikasi baterai oleh pihak luar.

"Kami menyarankan tidak adanya perbaikan pada cell (sel baterai), dibongkar lah, karena takutnya ada perbedaan spesifikasi pada cell," kata Marketing Communication Viar Motor Indonesia Frangky Osmond saat dihubungi, Kamis (24/11).

Menurut Frangky untuk membongkar baterai pada motor listrik juga harus ekstra hati-hati. Dikhawatirkan bila dilakukan sembarangan justru menimbulkan masalah.

Ia menambahkan dari hasil investigasi itu juga ditemukan bahwa garansi baterai pada motor tersebut sudah hangus. Selain itu, perbaikan baterai tersebut juga tidak dilakukan di bengkel resmi Viar.

"Karena memang kita sendiri belum menerima pembongkaran cell," tuturnya.

Sebelumnya Viar menyatakan pihaknya sudah melakukan investigasi terkait insiden terbakarnya motor listrik Viar Q1 milik armada Grab yang dioperasikan sebagai ojek online.

Setelah dua tahun mengaspal, Triangle Motorindo sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Viar di Indonesia menyegarkan skuter listrik Q1. Peluncuran model baru Q1 berlangsung di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019.



Viar Q1 generasi terbaru punya ubahan di balik jok segingga slot baterai kini bisa menampung dua sekaligus. Namun, pembelian per unit hanya akan mendapat satu baterai yang berkapasitas 60V23Ah.Viar Q1. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Dari temuan tim, awal mula terbakarnya unit berasal dari baterai dan dari hasil pengecekan, baterai tersebut telah dilakukan perbaikan/modifikasi oleh pihak di luar dari jaringan resmi Viar Motor Indonesia.

Diketahui, Q1 milik armada Grab yang dioperasikan sebagai ojek online terbakar. Insiden ini terjadi di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (15/11).

Motor listrik tersebut tampak mengeluarkan asap putih dan disusul letupan kecil dari dalam bagasi berdasarkan dari video yang beredar di media sosial. Motor itu diduga mengalami panas berlebih pada komponen baterai.

[Gambas:Video CNN]



(dmr/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER