Toyota Innova EV Diuji Coba Jalan di Indonesia

CNN Indonesia
Jumat, 25 Nov 2022 14:57 WIB
Toyota Innova EV diduga diuji coba di Jakarta setelah model konsepnya muncul di IIMS 2021. Ilustrasi. Toyota Innova EV diduga diuji di jalan Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/ Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Indonesia tengah melakukan uji jalan Kijang Innova berbasis listrik yang versi konsepnya pernah dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April 2022.

Uji jalan ini terungkap melalui sebuah foto yang diunggah salah satu akun media sosial Instagram, bernama Indra Fathan.

Pada akun ini terlihat dua foto Innova EV diduga diuji coba di Jakarta

Secara tampilan, Innova EV ini mirip seperti yang pernah dipamerkan pada April lalu. Namun bedanya, mobil yang kini digunakan sudah menggunakan pelat nomor resmi dari kepolisian.

Pelat nomor yang digunakan juga khusus buat kendaraan listrik di mana memiliki list biru.

Anton Jimmy Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor sejauh ini belum memberi keterangan terkait dugaan uji jalan Innova listrik di Indonesia.

Innova EV diketahui dirancang menggunakan sasis lama, tak seperti pada versi generasi ketujuh Innova Zenix yang memakai platform baru Toyota, Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C (monokok).

Basis yang digunakan untuk Innova EV konsep adalah Venturer, yang menjadi varian tertinggi dari model Innova.

[Gambas:Instagram]

Lihat Juga :

Venturer dan varian Innova lainnya yang bermesin pembakaran dalam diesel ataupun bensin dibuat menggunakan platform ladder frame bernama Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV).

Selain pada Innova, IMV juga dipakai merancang Fortuner dan Hilux.

Toyota pernah menyebut Innova EV ditenagai baterai berukuran 60 kWh dan motor listriknya disembunyikan di balik kap mesin.

Di sisi lain, proyek konversi ini membuat para insinyur yang mengerjakan 'membuang' 30 persen komponen dari total sekitar 10 ribu komponen yang digunakan untuk memproduksi Innova konvensional. Namun demikian berat Innova menjadi bertambah 400 kilogram.

[Gambas:Video CNN]



(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER