Produsen Motor Listrik Lokal Tanggapi Subsidi Motor Listrik Rp6,5 Juta

CNN Indonesia
Rabu, 30 Nov 2022 16:49 WIB
Salah satu produsen lokal, Ilectra Motor Group, menyambut wacana subsidi Rp6,5 juta buat pembelian satu unit motor listrik dari pemerintah pada 2023. Motor listrik Alva One, produk perdana dari Ilectra Motor Group. (Rayhand Purnama/CNNIndonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ilectra Motor Group (IMG) sebagai pemegang merek motor listrik Alva menyambut baik rencana pemerintah yang hendak memberikan subsidi pembelian kendaraan listrik di Indonesia pada 2023.

Khusus pembelian sepeda motor listrik, pemerintah disebut tengah menyiapkan subsidi Rp6,5 juta per unit.

"Jadi kalau dari kami tentu mendukung regulasi pemerintah. Ini bagus buat industri," kata Chief Business Officer IMG Putu Swaditya Yudha di Jakarta, Rabu (30/11).

Kendati begitu, Putu memaparkan posisi perusahaan saat ini belum dapat bersikap lebih jauh sebab keterangan pemerintah mengenai subsidi dikatakan belum diuraikan detail.

"Ya tentunya kami dukung," kata dia.

IMG merupakan anak perusahaan pertambangan Indika Energy. IMG menjadi perusahaan lokal yang punya fasilitas perakitan di Cikarang, Jawa Barat untuk memproduksi motor listrik.

Sejauh ini satu produk sudah diperkenalkan IMG yaitu Alva One, motor listrik berdesain skutik seukuran Yamaha Nmax atau Honda PCX 160.

Rencana subsidi pembelian kendaraan listrik sebelumnya diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut berharap kebijakan ini mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik sehingga populasinya di Tanah Air semakin besar. Sejauh ini belum ada informasi lain mengenai besaran insentif bakal mobil listrik.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER